Cara Merawat Sliding Door Mobil Supaya Awet

Kompas.com - 04/12/2021, 08:42 WIB
Power sliding door kini juga ada di sisi kanan untuk tipe Royale. KompasOtomotif-Donny AprilianandaPower sliding door kini juga ada di sisi kanan untuk tipe Royale.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang dilengkapi dengan sliding door alias pintu geser umumnya masuk dalam kategori multi purpose vehicle (MPV) berbadan kotak atau boxy. Pintu geser ini kerap diasosiasikan sebagai fitur yang mewah.

Sebab, pintu geser memberikan sejumlah kemudahan seperti bagi anak-anak dan lansia untuk masuk dan keluar kabin. Selain itu, jika mobil diparkirkan di lokasi yang sempit, pintu tetap bisa dibuka dengan mudah.

Karena mekanismenya yang berbeda dengan pintu mobil berengsel pada umumnya, ada sejumlah komponen pada pintu geser yang wajib diperhatikan agar tidak mudah rusak.

Baca juga: Belajar dari Kejadian Transjakarta Tabrak Pos Polisi, Jangan Simpan Barang di Ruang Kaki Sopir

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, menjelaskan bahwa perawatan pintu geser tidak sulit. Namun pemilik mobil perlu konsisten dalam merawatnya agar tetap awet dan optimal digunakan.

"Paling utama hindari buka-tutup pintu saat mesin mati. Karena, pada pintu geser yang menggunakan sistem elektrik, ketika mesin mati akan mengurangi daya pada aki," kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Honda Freed lansiran tahun 2015Istimewa Honda Freed lansiran tahun 2015

Hindari pula tindakan mempercepat gerakan membuka atau menutup pintu pada pintu geser dengan sistem elektrik. Biarkan sistem elektrik tersebut bekerja dengan normal agar tidak mudah rusak.

Baca juga: Mulai Pekan Depan, Pelayanan SIM di Semarang Dilakukan secara Virtual

Berikutnya, cek bearing atau laher pada pintu geser. Pastikan kondisinya baik dalam arti tidak ada tumpukan kotoran yang berisiko menyumbat, atau bearing mengalami aus. Jika komponen ini mengeluarkan bunyi ketika pintu dibuka dan ditutup, segera beri pelumas.

Rutin pula untuk membersihkan area rel pintu secara berkala dari endapan kotoran agar tidak ada zat yang menyumbat gerakan geser pintu. Usai dibersihkan, olesi area rel tersebut dengan pelumas berbentuk pasta yang mengandung parafin.

Didi mengingatkan agar tidak menggunakan pelumas berupa cairan yang mengandung oli. Sebab oli akan memudahkan debu dan kotoran untuk menempel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.