Apa Kabar Peluncuran Motor Listrik Bike Smart Electric milik Bamsoet?

Kompas.com - 30/11/2021, 10:02 WIB
Bike Smart Electric KOMPAS.com/GilangBike Smart Electric

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Bike Smart Electric sudah tebar pesona sejak awal 2021. Namun hingga akhir tahun motor berwarna kuning tersebut tidak kunjung resmi meluncur.

Awalnya Djoko Iman Santoso, Direktur Pemasaran dan R&D BS Electric mengatakan, proses uji tipe diharapkan selesai pada Juni 2021 dan tak lama setelah itu baru motor meluncur.

Kini rencana tersebut kembali mundur. Iman mengatakan pihaknya justru kini fokus sedang mempersiapkan fasilitas pabrik di Surabaya.

Baca juga: Ganjil Genap Berlaku di Seluruh Wilayah Wisata Selama Libur Nataru

Korlantas Polri menerima hibah 10 unit motor listrik Bike Smart Electric dari IMI.Foto: tangkapan layar Korlantas Polri menerima hibah 10 unit motor listrik Bike Smart Electric dari IMI.

"Motor listrik Pak Bamsoet saat ini progresnya memang waktu itu kita sedang mau uji tipe tetapi mundur karena kita mendapat kesempatan buat buka pabrik di sini di Indonesia," kata Iman di Jakarta, di IIMS Motobike Show 2021 akhir pekan lalu.

Iman mengklaim dengan adanya pabrik baru ini maka penyerapan komponen lokal bisa lebih tinggi.

"Jadi nanti 100 persen lokal konten tadi awalnya kan hanya 60 persen, nah karena kita belum punya lokasi, baru sekitar tiga minggu lalu (awal November) kita dapat lokasi di Surabaya bekas Wimcycle, dulu mereka produksi sepeda areanya kita takeover," kata Iman.

Iman mengatakan saat ini proses uji tipe BS Electric tetap berjalan. Di sisi lain, saat nanti beroperasi pabrik akan memproduksi tak hanya satu model.

"Uji tipenya karena kita akan produksi lokal akan berbeda jalur dan produksinya. Jadi kita tidak lakukan uji tipe dulu kita setup pabriknya dulu baru kita uji tipe. Kita tunda karena develope pabriknya," ucap Iman.

Baca juga: Ada Tes Psikologi, Begini Alur Membuat SIM

Bike Smart ElectricKOMPAS.com/Gilang Bike Smart Electric

"Sisa kemarin kita tetap uji tipe, sudah ada peminatnya juga. Mungkin sisa 300-400 unit sudah mau diborong cuma belum bisa kalau belum bisa kalau belum uji tipe," kata Iman.

Sebelumnya pada awal Oktober 2021, Ketua IMI Bambang Soesatyo mengatakan kapan proses uji tipe selesai tergantung dari Kementerian Perhubungan.

"Ini lagi pengajuan, lagi uji tipe. Targetnya tahun ini. (Kapan selesai) tergantung, itu yang tahu cuma Kementerian Perhubungan dan Tuhan," kata Bamsoet di Jakarta, Selasa (12/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.