Dipakai Harian, Ini Top Speed dan Konsumsi BBM Honda Civic Type R

Kompas.com - 29/11/2021, 16:21 WIB
Honda Civic Type R KOMPAS.com/RulyHonda Civic Type R
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebuasan karakteristik pada Honda Civic Type R tidak lantas membuatnya tak ramah saat berinteraksi dengan kemacetan serta aspal Ibu Kota.

Selama pengujian singkat bersama tim redaksi Kompas Otomotif, mobil ini ternyata masih mumpuni untuk digunakan harian. Apalagi ketika melintasi jalur bebas hambatan alias tol.

Hanya saja memang dibanding mobil sedan, MPV, maupun SUV keluarga, kendaraan kurang nyaman karena suspensi yang digunakan cukup keras supaya mendapatkan stabilitas maksimal.

Baca juga: Jajal Kebuasan Honda Civic Type R di Sirkuit Sentul

Honda Civic Type RKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda Civic Type R

Kemudian dari sisi hiburan, sangat minim. Bahkan layar panel di tengah berserta dasbornya dibuat sederhana, walau masih terasa kesan mewah dan agresif.

Lantas bagaimana dengan tenaga mobil saat dibawa harian?

Mengenai hal ini, jangan diragukan lagi. Dalam mode berkendara terendahnya saja, yakni Comfort, mencapai 120 kpj tidak perlu butuh usaha berlebihan.

Saat melaju di sirkuit, dengan mengaktifkan mode berkenadar R+ atau tertingginya, tim mampu membuat mobil berjalan sampai 210 kpj dalam trek lurus dengan mudah.

Ketika dalam keadaan stop and go, mesin begitu responsif dengan kopling yang empuk. Jadi, pengemudi tidak perlu penyesuaian berarti kecuali saat membawa Civic Type R ke lintasan sirkuit.

Dengan jarak tempuh sekitar 170 kilometer, tercatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil 11 kilometer per liter.

Baca juga: Sensasi Berkendara Civic Type R Jadi Mobil Harian

Honda Civic Type RKOMPAS.com/Ruly Honda Civic Type R

Pabrikan mengklaim, efisiensi tersebut dapat ditekan hingga 13,6 km setiap liternya dengan menggunakan teknik mengemudi eco driving yaitu menjaga putaran mesin konstan dan sebagainya.

Namun dalam kasus ini, hal terkait tak memungkinkan karena mobil tengah dilakukan pengujian ke berbagai medan jalan dengan kecepatan maksimal.

Diketahui, Civic Type R dibekali mesin 4-silinder 2.0 L VTEC Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 308 hp dan torsi maksimal 400 Nm yang mulai menendang pada putaran 2.500 – 4.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan dengan Rev Match System yang memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.