Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Masih Galau Pilih Jenis Balapan Mobil

Kompas.com - 29/11/2021, 14:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi sudah resmi pensiun dari MotoGP. Meskipun sudah mengatakan akan terus balapan, tapi Rossi belum mengungkapkan akan turun di kejuaraan apa.

Rossi memang diketahui pernah mengikuti ajang balap lainnya dan bisa dikatakan cukup sukses. Salah satunya adalah Monza Rally, di mana Rossi sudah menjuarai sebanyak tujuh kali.

Baca juga: Lorenzo Ungkap Awal Mula Marquez Benci Rossi

Rossi juga pernah beberapa kali mencoba Formula 1 bersama Ferrari. Pada 2019, dia juga diberi kesempatan untuk mencoba mobil balap F1 Mercedes.

Valentino Rossi latihan di Sirkuit Misano menggunakan Ferrari 488 GT3 untuk persiapan balapan di 12h Gulf 2022Dok. Speedweek.com Valentino Rossi latihan di Sirkuit Misano menggunakan Ferrari 488 GT3 untuk persiapan balapan di 12h Gulf 2022

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (29/11/2021), sejak memutuskan untuk pensiun, Rossi sudah mengindikasikan bahwa dirinya akan mencari tawaran dari World Endurance Championship (WEC), European Le Mans Series (ELMS), dan Fanatec GT World Challenge Europe.

Pebalap yang dijuluki The Doctor ini juga berkali-kali sudah menolak ajakan bos DTM Gerhard Berger. Menurutnya, prospek di kejuaraan tersebut tidak cukup cerah.

Baca juga: Yamaha Rilis R1 GYTR Edisi Spesial, Penghormatan untuk Valentino Rossi

"Saya lebih suka mengendarai GT3, saya sudah memiliki pengalaman dengan kendaraan ini," kata Rossi.

Valentino Rossi mulai latihan dengan Ferrari 488 GT3 untuk persiapan mengikuti Gulf 12 HoursInstagram @valeyellow46 Valentino Rossi mulai latihan dengan Ferrari 488 GT3 untuk persiapan mengikuti Gulf 12 Hours

Di kelas GT3, Rossi bahkan sudah mengikuti balapan pertamanya pada November 2009 di seri keenam di Vallelunga dekat Roma.

Pada kompetisi roda empat pertamanya dengan Ferrari F430 dari Scuderia von Kessel Racing, Rossi finis ke-11 secara keseluruhan dan ketiga di kelas GT3.

Rossi dan tim Monster VR46 Kessel finis keempat di Gulf 12 HoursInstagram @vr46ridersacademyofficial Rossi dan tim Monster VR46 Kessel finis keempat di Gulf 12 Hours

Di ajang balap ketahanan, Rossi juga sudah membuktikan performanya pada Desember 2019 dan Januari 2021 di 12h Gulf di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Pada ajang balap tersebut, Rossi berhasil menang di kelas GT3 di klasemen Pro-Am pada 2019 bersama Alessio Salucci dan Luca Marini menggunakan Ferrari 488 GT3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com