Kompas.com - 26/11/2021, 17:21 WIB
All New Gelis KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIAll New Gelis

SERPONG, KOMPAS.com – Gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 berlangsung di Kawasan Puspitek Serpong mulai 22 – 24 November 2021. Pada gelaran ini turut diramaikan berbagai APM baik roda dua, tiga, bahkan empat.

Salah satu APM yang meramaikan IEMS 2021 adalah PT Solar Panel Indonesia (SPI) produsen Gelis atau Gerobak Listrik. Gelis memamerkan tiga produknya, yakni Gelis 300, Mini Jeep, dan All New Gelis.

All New Gelis merupakan produk baru yang diperkenalkan pada Oktober 2021. Perbedaan dengan Gelis 300 adalah adanya rumah atau bodi di bagian depan. Bodi tersebut terbuat dari bahan fiber yang cukup kuat.

Baca juga: Pebalap Baru Pertamina Mandalika Jalani Sesi Tes, Mas Bo ke Indonesia

All New GelisKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI All New Gelis

Sany Yoede, Deputy Marketing Director PT SPI mengatakan, selain sudah memakai bodi, speedometer yang digunakan juga berbeda, kini lebih besar dan lengkap isinya.

“Di speedometer ini kelihatan indikator baterai tinggal berapa, jarak tersisa, sudah berapa yang ditempuh. Kalau yang lama cuma berdasarkan sisa voltase saja,” ucap Sany di IEMS, Jumat (26/11/2021).

Secara bentuk, All New Gelis memang lebih menarik. Dengan adanya bodi, gerobak yang memakai motor listrik ini kelihatan lebih modern, tidak terlalu sederhana seperti pendahulunya.

Baca juga: Kendaraan Listrik di Indonesia Bakal Punya 5 Jenis Pelat Nomor

Untuk aplikasinya, untuk All New Gelis saat ini tersedia tiga pilihan, yaitu pikap, boks, dan sasis. Namun tidak menutup kemungkinan adanya pesanan lain, jadi bisa disesuaikan dengan permintaan.

“Untuk jarak tempuh baterai, kambali lagi ke pilihan baterai yang digunakan. Kalau memakai yang paling besar, 48 V 45 Ah lithium battery, bisa menempuh jarak 40 km – 50 km dalam keadaan tanpa beban,” ucapnya.

Kemudian untuk mengecasnya, cukup 3 jam sampai 4 jam saja sudah penuh. Selain itu juga sudah terpasang sistem fast charging, jadi ketika baterai sudah penuh, otomatis mati.

All New GelisKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI All New Gelis

Terdapat tiga pilihan baterai yang bisa dipilih pembeli, 26 Ah VRLA, 26 Ah 48 V litihium dan paling besar 45 Ah 48 V litihium. Jadi ketika membeli All New Gelis, bisa memilih baterainya dan juga akan mendapatkan charger-nya.

Untuk harganya, All New Gelis dibanderol mulai Rp 34 juta untuk paling murah (sasis) sampai Rp 43,5 juta untuk aplikasi cargo atau boks. Sedangkan untuk baterai, harganya mulai Rp 4 juta sampai Rp 11 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.