Kabin Bus Mewah di GIIAS 2021 dengan Banyak Pilihan Kursi

Kompas.com - 19/11/2021, 18:01 WIB
Kabin bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260 DOK. PT HMSIKabin bus baru Karoseri Tentrem, Avante H7 AB yang dipasang ke sasis Hino R260

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 memang bisa dibilang sepi bus. Tahun ini, hanya ada satu bus yang berada di booth Hino, padahal di GIIAS 2019, berbagai karoseri pembuat bodi bus turut meramaikan pameran.

Bus yang mejeng di booth Hino di GIIAS 2021 menggunakan bodi buatan Karoseri Tentrem, yakni Avante H7 AB. Bus tersebut merupakan model terbaru dan menggunakan bahan aluminium di sekujur bodinya (Aluminium Body/AB).

Pada kabin bus baru ini juga disusun berbagai model bangku bus serta susunannya. Kabin bus ini dipenuhi dengan bangku bus buatan Hai Rimba Kencana yang juga bermarkas di Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Daftar Mobil Baru di GIIAS 2021 yang Turun Harga, Alphard Turun Rp 400 Jutaan

Bangku bus Hai Rimba KencanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bangku bus Hai Rimba Kencana

Yohan Wahyudi, Marketing Rimba Kencana mengatakan, pada pameran kali ini Hai Rimba Kencana cuma bisa ikut bersama Karoseri Tentrem, berbeda dengan dua tahun lalu di mana tersedia booth sendiri khusus untuk bangku bus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi kita cuma bisa mengisi di sini (dalam bus Tentrem). Karena ruangnya terbatas, jadi kita bagi tiga tempat, rangkaian depan untuk social distancing seats, tengah ini area meeting, dan belakang entertain seats,” ucap Yohan di Tangerang, Rabu (17/11/2021).

Bangku social distancing memang sedang tren di masa pandemi seperti sekarang. Jadi PO bus menyediakan bangku individual yang disusun 1-1-1 sehingga penumpang tidak saling berdempetan.

Baca juga: Ketika Calon Juara Dunia WSBK Bantu Emak-emak Potong Rumput

Bangku yang dipamerkan Hai Rimba Kencana sudah dilapis dengan bahan kulit yang nyaman serta ada leg rest dan arm rest. Masuk ke bagian tengah, terdapat bangku rotasi yang bisa diputar 180 derajat.

Selain bangku yang bisa diputar, ada juga meja serta sofa untuk empat orang yang ditambahkan sandaran kaki. Jadi ruang tengah ini cocok untuk ngobrol, mengingat bangku bisa diputar sehingga saling berhadapan.

Bangku bus Hai Rimba KencanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bangku bus Hai Rimba Kencana

Masuk ke bagian belakang, terdapat bangku entertainment yang sudah electric pengaturannya, baik rebah maupun leg rest. Selain itu, leg rest yang digunakan juga sudah model lipat yang panjang, jadi kaki tertopang dengan baik.

Di bagian belakang dari bangku entertain ini juga dilengkapi dengan Audio Video On Demand (AVOD) yang memanjakan penumpang selama perjalanan. Sisanya di bagian belakang ada bangku eksekutif dengan legrest serta bangku 2-2 biasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.