Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Oli Keluaran Hino untuk Mesin Bus

Kompas.com - 18/11/2021, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oli merupakan cairan penting yang dimasukkan ke dalam ruang mesin. Bahkan memiliki banyak peran, misalnya melapisi komponen di dalam mesin agar tahan lama, menghasilkan performa maksimal, hemat bahan bakar, serta emisi gas buang yang baik.

Oli juga memiliki fungsi pembersih, jadi sisa hasil pembakaran yang menumpuk di ruang mesin bisa dibersihkan. Syaratnya, oli yang digunakan harus berkualitas, jika tidak, residu akan menyumbat mesin dan menurunkan performanya.

Aliran oli mesin secara terus-menerus membawa kotoran ini ke filter oli, tempat kotoran tersebut terperangkap.

Baca juga: Benarkah Mobil Mesin Diesel Lebih Irit Dibandingkan Bensin?

Sambutan Satiko Wardoyo di booth Hino GIIAS 2021DOK. PT HMSI Sambutan Satiko Wardoyo di booth Hino GIIAS 2021

Oli juga berfungsi untuk mendinginkan ruang mesin. Biasanya panas mesin berasal dari gesekan antara bagian mekanis menyebabkan suhu mesin naik. Bagian pelumasan yang disediakan oleh oli mesin membantu melepaskan panas melalui sirkuit pelumasan.

Hal ini membantu fungsi pendingin, yang mendinginkan bagian-bagian tertentu dari mesin. Selain itu, oli turut sebagai pelindung dari karat. Pembakaran bahan bakar menghasilkan asam korosif yang dapat merusak bagian logam di mesin.

Zat aditif yang ada di oli mesin modern bisa memperlambat korosi di ruang mesin. Selain itu, permukaan yang terlapisi membuat gesekan yang terjadi menjadi sangat minim. Ini akan mencegah mesin cepat aus sehingga digunakan lebih lama, karena komponennya lebih awet.

Baca juga: Geser Xpander Cross, All New Veloz Jadi LMPV Termahal

Hino Genuine Oil (HGO) sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan. Terdapat 9 komponen aditif Hino Genuine Oil seperti friction modifier untuk melapisi permukaan logam dan mengurangi gesekan.

Oiliness agent yang memperkuat lapisan film pada oli dan anti wear mencegah keausan dan kerusakan pada komponen. Oli asli Hino juga dilengkapi anti corossion menjaga komponen tidak mudah korosi.

Serta anti-oxidant mencegah oksidasi dan memperpanjang umur oli. Pada Hino Genuine Oil terdapat juga detergents dan dispersants menjaga mesin tetap bersih.

Viscosity index improver menjaga stabilitas viskositas, antifoaming agents mencegah pembentukan gelembung busa, dan pour point depressant mempertahankan fluiditas pada suhu dingin

Mesin Hino R 260DOK. PT HMSI Mesin Hino R 260

“Dampak oli mesin berkualitas rendah adalah membuat komponen lecet, engine noise, dan daya tahan buruk sehingga biaya pemeliharaan tinggi. Untuk itu kami hadirkan HGO yang sudah mengandung komponen aditif yang lengkap untuk kendaraan bisnis customer, dan pastikan selalu menggunakan Hino Genuine Oil agar bisnis lebih efisien,” ucap Santiko Wardoyo, COO-Director PT Hino Motors Sales Indonesia dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Rabu (17/11/2021).

Mesin Hino Bus Mumpuni Jalur Trans Jawa

Mesin Hino Bus dirancang untuk beroperasi di segala jalan dan operasional, termasuk di Jalan Tol Trans Jawa. Karena dari data uji yang dilakukan di Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya (PP).

Dua produk Hino bus, yakni R 260 dan RN 285 di tes pergi-pulang dengan trayek Jakarta-Surabaya. Kedua bus digeber dengan kecepatan operasi di atas 100 kpj terus menerus.

Temperatur oli mesin, dan rata-rata oli di mesin hampir sama atau tidak ada pengurangan, dan jauh dari batas titik nyala oli (±230 derajat celsius). Laju pendinginan radiator Hino Bus, baik itu RN 285 dan R260 berkisar antara 25 derajat celsius - 30 derajat celsius.

Artinya menunjukan hasil yang lebih baik dari laju pendinginan radiator brand lain yang hanya berkisar 10 derajat celsius walaupun mesin Hino memiliki kuantitas oli yang lebih sedikit, dan melaju dengan kecepatan tinggi secara terus menerus di Tol Trans Jawa.

Baca juga: Simulasi Kredit Daihatsu All New Xenia, Angsuran Mulai Rp 3 Jutaan

Terpenting dari tes ini, Hino Bus RN 285 dan R 260 mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang lebih baik dari pesaingnya, berkisar 11 persen untuk Hino Bus R 260 dan Hino Bus RN 285 di angka 7 persen.

Dari sisi operasional cost, perbandingan biaya ganti oli selama satu tahun juga lebih hemat seperti Hino Bus R 260 lebih hemat 78 persen bila dibandingkan brand lain.

“Hino memiliki lubang pelumasan pada Oil Gallery untuk mendinginkan piston. Ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan dibandingkan dengan tipe piston tanpa oil gallery. Piston dengan cooling gallery, 50 persen panas dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas. Kualitas minyak pelumas memainkan peran penting seperti memiliki lebih sedikit deposit dan ketahanan oksidasi yang tinggi seperti HGO,” kata Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com