Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabin Bus Mewah di GIIAS 2021 dengan Banyak Pilihan Kursi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 memang bisa dibilang sepi bus. Tahun ini, hanya ada satu bus yang berada di booth Hino, padahal di GIIAS 2019, berbagai karoseri pembuat bodi bus turut meramaikan pameran.

Bus yang mejeng di booth Hino di GIIAS 2021 menggunakan bodi buatan Karoseri Tentrem, yakni Avante H7 AB. Bus tersebut merupakan model terbaru dan menggunakan bahan aluminium di sekujur bodinya (Aluminium Body/AB).

Pada kabin bus baru ini juga disusun berbagai model bangku bus serta susunannya. Kabin bus ini dipenuhi dengan bangku bus buatan Hai Rimba Kencana yang juga bermarkas di Malang, Jawa Timur.

Yohan Wahyudi, Marketing Rimba Kencana mengatakan, pada pameran kali ini Hai Rimba Kencana cuma bisa ikut bersama Karoseri Tentrem, berbeda dengan dua tahun lalu di mana tersedia booth sendiri khusus untuk bangku bus.

“Jadi kita cuma bisa mengisi di sini (dalam bus Tentrem). Karena ruangnya terbatas, jadi kita bagi tiga tempat, rangkaian depan untuk social distancing seats, tengah ini area meeting, dan belakang entertain seats,” ucap Yohan di Tangerang, Rabu (17/11/2021).

Bangku social distancing memang sedang tren di masa pandemi seperti sekarang. Jadi PO bus menyediakan bangku individual yang disusun 1-1-1 sehingga penumpang tidak saling berdempetan.

Bangku yang dipamerkan Hai Rimba Kencana sudah dilapis dengan bahan kulit yang nyaman serta ada leg rest dan arm rest. Masuk ke bagian tengah, terdapat bangku rotasi yang bisa diputar 180 derajat.

Selain bangku yang bisa diputar, ada juga meja serta sofa untuk empat orang yang ditambahkan sandaran kaki. Jadi ruang tengah ini cocok untuk ngobrol, mengingat bangku bisa diputar sehingga saling berhadapan.

Masuk ke bagian belakang, terdapat bangku entertainment yang sudah electric pengaturannya, baik rebah maupun leg rest. Selain itu, leg rest yang digunakan juga sudah model lipat yang panjang, jadi kaki tertopang dengan baik.

Di bagian belakang dari bangku entertain ini juga dilengkapi dengan Audio Video On Demand (AVOD) yang memanjakan penumpang selama perjalanan. Sisanya di bagian belakang ada bangku eksekutif dengan legrest serta bangku 2-2 biasa.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/19/180100115/kabin-bus-mewah-di-giias-2021-dengan-banyak-pilihan-kursi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke