Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] PPKM Level 3 Saat Libur Nataru | Interior Xpander Facelift | Alasan Polisi Sita SIM

Kompas.com - 19/11/2021, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), banyak yang takut akan adanya gelombang ketiga Covid-19. Untuk mencegahnya, pemerintah kabarnya akan memberlakukan PPKM Level 3.

Selain itu, banyak juga orang yang penasaran dengan produk terbaru Mitsubishi, yakni Xpander facelift. Salah satu bagian yang paling bikin penasaran adalah kabin alias interiornya.

Lalu, tak sedikit yang bertanya-tanya, mengapa polisi memilih untuk menyita SIM dibandingkan STNK, saat razia lalu lintas.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Kamis (18/11/2021):

1. PPKM Level 3 Berlaku Saat Libur Nataru, Bagaimana Aturan Perjalanan?

Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi penyekatan di jalan tol Jakarta-Cikampek

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengumumkan bakal membatasi sejumlah kegiatan pada libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Hal ini disampaikan Menko PMK Muhadjir Effendy saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Antisipasi Potensi Peningkatan Kasus Covid-19 pada Libur Nataru, secara daring, Rabu (17/11/2021).

Baca juga: PPKM Level 3 Berlaku Saat Libur Nataru, Bagaimana Aturan Perjalanan?

2. Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

Mitsubishi New Xpander CrossKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mitsubishi New Xpander Cross

New Xpander Cross hadir sebagai versi facelift dari Xpander Cross lawas. Sejumlah ubahan pun ditanamkan pada mobil yang sejatinya MPV murah tapi sedikit dipaksa masuk bersaing ke segmen SUV murah atau LSUV ini.

Dalam segmen tersebut, ada sejumlah model mobil dari beberapa produsen yang turut bermain. Salah satu yang terbaru, yakni All New Honda BR-V yang sudah meluncur sejak September 2021.

Baca juga: Komparasi New Xpander Cross Versus All New BR-V, Pilih Mana?

3. Melihat Interior Xpander Facelift, Apa Saja yang Baru?

Mitsubishi Xpander pada pameran GIIAS 2021.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander pada pameran GIIAS 2021.

Mitsubishi memberikan sejumlah ubahan pada Xpander facelift. Selain mendapat pembaruan pada sektor teknis, terkait suspensi dan transmisi, Low MPV ini juga punya desain interior baru yang lebih segar.

Pertama, ubahan datang dari desain dasbor yang terlihat lebih minimalis dengan dominasi garis horizontal. Dasbor baru juga terasa lebih mewah berkat tambahan panel empuk dan nuansa warna krem.

Baca juga: Melihat Interior Xpander Facelift, Apa Saja yang Baru?

4. Impresi Awal Menyetir Xpander Facelift, Rasanya Beda Sekali

Mitsubishi Xpander terbaru.KOMPAS.com/ADITYO WISNU Mitsubishi Xpander terbaru.

Salah satu hal menarik dari Xpander facelift adalah penggunaan transmisi CVT baru, yang menggantikan transmisi otomatis 4-speed sebelumnya. Dengan ubahan ini, Xpander menawarkan pengalaman berkendara yang terasa berbeda sekali dari model sebelumnya.

Tak seperti transmisi otomatis dengan torque converter, secara teknis transmisi CVT dirancang tanpa perpindahan gigi. Alhasil ketika kami coba penyaluran tenaga terasa linier dan halus.

Baca juga: Impresi Awal Menyetir Xpander Facelift, Rasanya Beda Sekali

5. Alasan Polisi Sita SIM ketimbang STNK Saat Razia Lalu Lintas

Pelaksanaan Operasi Zebra di Jakarta PusatDok. Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat Pelaksanaan Operasi Zebra di Jakarta Pusat

Kepolisian RI mengungkapkan akan lebih mengutamakan edukasi dan teguran kepada seluruh pengendara yang melanggar aturan berlalu lintas selama Operasi Zebra 2021 yang berlangsung hingga 28 November 2021.

Namun, petugas tidak akan segan melakukan tindakan tilang bila menemui pengendara yang terbukti melanggar dengan menahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga: Alasan Polisi Sita SIM ketimbang STNK Saat Razia Lalu Lintas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com