Kompas.com - 18/11/2021, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Hyundai Creta di pasar dalam negeri agaknya akan membuat persaingan di segmen crossover sport utility vehicle (SUV) atau B-SUV semakin memanas.

Pasalnya, kendaraan asal Korea Selatan tersebut memiliki banyak amunisi baik dari desain eksterior dan interior, fitur, hingga harga. Belum lagi, mobil diwacanakan untuk bisa diproduksi secara lokal mulai tahun depan.

"Creta adalah produk pertama yang diproduksi oleh pabrik Hyundai di Indonesia. Tentunya, akan ada banyak lagi produk baru di tahun depan," kata Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia, Astrid Ariani Wijaya.

Baca juga: Pesan Komponen Kustom Creta, Inden Sebulan

Hyundai Creta di GIIAS 2021KOMPAS.com - Fathan Hyundai Creta di GIIAS 2021

Tidak sampai di sana, mobil terkait juga nantinya akan menjadi unit mobile service, gantikan Starex atau H-1 versi niaga. Padahal, Creta merupakan kendaraan berpenumpang dengan kapasitas 5-penumpang.

"Kalau disebut Creta lebih kecil, memang iya. Tapi nanti isinya tetap lengkap sehingga aktivitas bengkel berkala bisa tetap dilaksanakan. Ini juga termasuk beberapa penggantian," ujar Head of Before Service HMID, Putra Samiaji.

"Intinya tidak akan mengurangi fungsi sebagai mobile service," tambah dia.

Baca juga: Komparasi SUV Medium Ladder Frame Isuzu mu-X dan Mitsubishi Pajero Sport

Hyundai Starex Mover Ambulan di IIMS 2018.KOMPAS.COM-Donny Apriliananda Hyundai Starex Mover Ambulan di IIMS 2018.

Menurut Putra, langkah itu juga diambil untuk membuktikan kepada calon konsumen bahwa kapasitas dan kemampuan Creta dalam bermobilitas begitu tinggi serta handal.

Namun penggunaan Creta sebagai mobile service baru akan berlaku akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Penggunaan produk ini juga mengikuti penambahan jumlah dealer Hyundai di Indonesia yang rencana sampai akhir tahun berjumlah 100 unit. Kini, jumlah diler resmi perseroan baru 70 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.