Kompas.com - 11/11/2021, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dahulu Xenia dan Avanza, termasuk Veloz, diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Namun kini pabrik Daihatsu hanya membuat Xenia dan Avanza terbaru saja, sementara Veloz diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Amelia Tjandra, Marketing Director & Corporate Planning and Communication Director PT ADM, mengatakan, ada beberapa alasan yang mendasari dipisahnya produksi kedua model tersebut.

“Karena kapasitasnya enggak cukup, kemudian di TMMIN masih kosong. Supaya bisa produksinya banyak,” ujar Amelia, saat ditemui di sela-sela peluncuran Xenia (11/11/2021).

Baca juga: Resmi, Daihatsu Luncurkan Xenia Terbaru

“Karena tahun ini saja ADM hanya produksi Xenia sekitar 800-an unit. Enggak cukup lagi, kalau ini baru, dan banyak, dari mana kapasitasnya,” kata dia.

Toyota All New VelozVIO Toyota All New Veloz

Menurut Amelia, dengan kapasitas yang terbatas, pihaknya mengupayakan pemisahan produksi supaya suplai lancar.

“Jadi dibagi. Kami masih produksi Xenia-Avanza, mereka produksi Veloz. Supaya semua demand terpenuhi,” ucap Amelia.

Sebagai informasi, fasilitas produksi ADM terdiri dari Sunter Assembly Plant, Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Karawang Engine Plant, dan Karawang Assembly Plant.

Baca juga: Alasan Toyota Tak Sematkan Cruise Control di Avanza dan Veloz Baru

Kelima pabrik Daihatsu ini memiliki total kapasitas produksi terpasang mencapai 530.000 unit per tahun.

Beberapa model yang diproduksi, antara lain Xenia, Luxio, Terios, dan Gran Max. Selain untuk pasar domestik, produk rakitan Astra Daihatsu juga diekspor ke sejumlah negara di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.