Kompas.com - 11/11/2021, 16:04 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkonomian nasional mulai membaik setelah lebih dari dua tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19. Ini berimbas positif pada industri otomotif, terlebih masih berlakunya diskon Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PpnBM), sekaligus adanya event GIIAS 2021.

“GIIAS tahun lalu absen digelar. Kini hadir lagi. Ini hal baik di triwulan ketiga, setelah level penanganan Covid-19 kita membaik, bahkan terbaik di ASEAN. Kita berharap GIIAS bisa mendorong kebangkitan industri otomotif,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat pembukaan GIIAS 2021 di ICE-BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (11/11/2021).

Ia menjelaskan, industri otomotif memiliki multiplier effect terhadap banyak industri lainnya. Tahun lalu, kata Airlangga, penjualan otomotif nasional sekitar 530.000 unit, tahun ini diperkirakan bisa meningkat menjadi 850.000 unit.

Baca juga: Alasan Toyota Tak Sematkan Cruise Control di Avanza dan Veloz Baru

Gaikindo mencatat, kebijakan PPnBM atau Pajak Penjualan Atas Barang Mewah yang ditanggung pemerintah menjadi salah satu penyebab meningkatnya penjualan. Tercatat ada 36 model kendaraan yang mendapat fasilitas kebijakan PPnBM tersebut. Hasilnya, kebijakan itu memicu kenaikan penjualan sebesar 68 persen per Oktober 2021, bahkan hingga saat ini masih terjadi antrean pemesanan kendaraan.

Penjualan Isuzu Melonjak

Peningkatan penjualan kendaraan juga dirasakan Isuzu. Bahkan, Isuzu mencatat angka penjualan signifikan. Data Gaikindo mencatat, penjualan ritel Isuzu sepanjang Januari hingga September 2021 meningkat 51,9 persen, jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Sepanjang Januari hingga September 2021, Isuzu meraih total penjualan ritel 18.402 unit, sedangkan tahun sebelumnya hanya 12.116 unit.

Vice President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Jap Ernando Demily mengatakan, pemulihan ekonomi mulai bergerak ke arah lebih baik. Namun, kata dia, tetap perlu berhati-hati karena indikasi ini dipengaruhi banyak faktor, mulai dari tingkat vaksinasi hingga regulasi dari pemerintah.

All New Isuzu MU-X di GIIAS 2021KOMPAS.com - Fathan All New Isuzu MU-X di GIIAS 2021

Pada GIIAS 2021, Isuzu melalui IAMI dan PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (Astra Isuzu) menghadirkan sejumlah model baru yaitu Isuzu Traga Blindvan, All New MU-X 4X4, dan D-Max.

“Kami berkomitmen menjadi real partner dalam setiap real journey bagi customer melalui product line up yang bervariasi untuk menjawab kebutuhan kendaraan customer kami, yang dilengkapi dengan layanan purna jual yang kompeten untuk senantiasa menjadi partner yang terpercaya,” ujar Ernando.

Baca juga: Harga Resmi Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Facelift Meluncur

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.