Alasan Toyota Tak Sematkan Cruise Control di Avanza dan Veloz Baru

Kompas.com - 11/11/2021, 15:52 WIB
Toyota All New Veloz KOMPAS.com/STANLY RAVELToyota All New Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis generasi baru Avanza dan Veloz secara virtual. Tak sekedara tampilan luar dalam saja yang berubah, namun juga ragam fitur telah disematkan yang membuatnya makin naik kelas.

Salah satu yang paling menarik dan yang membuat MPV sejuta umat ini naik kelas adalah kehadiran Toyota Safety Sense alias TSS. Seperti diketahui, TSS sendiri merupakan fitur keselamatan aktif yang menggunakan sensor dan radar.

Namun TSS pada All New Avanza dan Veloz tak selengkap yang disematkan Toyota pada Raize karena minus adaptive cruise control. Hal tersebut terasa tanggung, apalagi rivalnya juga sudah ada yang mengusung fitur tersebut.

Baca juga: World Premiere, Honda Perkenalkan SUV RS Concept

Secara keseluruhan, TSS pada Veloz dan Avanza baru hanya terdiri dari empat fitur, yakni Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Toyota All New AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Avanza

Ketika menananyakan hal ini, Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, tidak disematkanya adaptive cruise control pada Veloz dan Avanza lebih karena pertimbangan sisi penggunaanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebenarnya memang fitur TSS yang basic adalah tidak ada cruise control. Untuk Raize kita sematkan karena pertimbangan penggunaannya lebih banyak perkotaan, sementara Avanza dan Veloz cukup variatif, tidak hanya perkotaan tapi juga luar kota," kata Anton dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (10/11/2021).

Meski demikian, Anton menjelaskan Toyota tak menutup kemungkinan suatu saat fitur adaptive cruise control juga bakal diaplikasi untuk kedua MPV murahnya.

Apalagi secara teknologinya memang sudah tersedia, hanya tinggal proses penyematannya saja. Anton menjelaskan untuk keputusannya nanti hanya tinggal menunggu kebutuhan dan permintaan dari pasarnya.

Baca juga: Bahas Perbedaan Tampilan Avanza dan Veloz Terbaru

Toyota All New VelozKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota All New Veloz

"Kalau memang fitur tersebut sangat dibutuhkan dan sangat demanding oleh konsumen, tentu menjadi bahan pembicaraan bagi kami untuk mengajukan ke prinsipal. Nantinya pasti akan ada perbedaan value dan harga," kata Anton.

Bicara soal fungsi, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan dengan memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang dapat mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Baca juga: Skema Kredit All New Avanza, Cicilan Mulai Rp 4 Juta per Bulan

Untuk Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention berguna mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Toyota Avanza dan Veloz terbaru.Dok. TAM Toyota Avanza dan Veloz terbaru.

 

Sementara Front Departure Alert, memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.