Dilema Satgas Covid-19 Jaga Kerumunan di GIIAS 2021

Kompas.com - 11/11/2021, 13:27 WIB
Suasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021). KOMPAS.com/Stanley RavelSuasana kunjungan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus Gumiwang pada GIIAS 2021 yang digelar masih dalam suasana pandemi, Kamis (11/11/2021).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergelaran Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, resmi dibuka Kamis (11/11/2021).

Pameran akbar tahunan ini dihelat dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat. Pasalnya, GIIAS 2021 digelar masih dalam masa pandemi Covid-19.

Beberapa syarat pun harus dipenuhi pengujung yang ingin memasuki area pameran, antara lain dalam kondisi sehat, sudah vaksin lengkap dua dosis, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, selalu menjaga jarak, dan bagi pengunjung harus melakukan pembelian tiket secara online.

Baca juga: Airlangga Menyambangi Mobil Listrik Lawas Mitsubishi di GIIAS 2021

Berdasarkan pantauan tim Kompas.com di lokasi, beberapa Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 turut berjaga untuk mengingatkan pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan.

Petugas Satgas Covic-19 di GIIAS 2021Aprida Nanda Mega/Kompas.com Petugas Satgas Covic-19 di GIIAS 2021

Namun, saat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyambangi beberapa booth di GIIAS sempat terjadi keramaian hingga membuat petugas Satgas Covid-19 kesulitan untuk menertibkan massa.

“Sebetulnya di acara ini sudah menyediakan tiga Satgas Covid, yakni dari daerah, dari ICE, dan dari peserta acara event. Tapi keramaian seperti ini sulit untuk kita tertibkan,” ucap Mille salah satu Satgas saat diwawancarai Kompas.com di ajang pameran otomotif GIIAS 2021, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Skema Kredit All New Avanza, Cicilan Mulai Rp 4 Juta per Bulan

Mille melanjutkan, Satgas Covid-19 biasanya akan dibekali dengan pengeras suara untuk memudahkan petugas memperingatkan pengujung yang tidak taat protokol kesehatan.

“Tapi hari ini khusus untuk VIP dan pers, sehingga tidak memungkinkan kami untuk menggunakannya. Jadi kami mengingatkan secara face to face,” kata dia.

Menko Perekonomian Airlangga menyambangi mobil listrik lawas Mitsubishi Minicab- MiEV di GIIAS 2021,KOMPAS.com/Gilang Satria Menko Perekonomian Airlangga menyambangi mobil listrik lawas Mitsubishi Minicab- MiEV di GIIAS 2021,

Mille melanjutkan, selama pameran berlangsung pihaknya tetap berusaha untuk mengimbau pengujung mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kalau pakai masker itu kan sudah pasti ya, jadi paling kita terus ingatkan mereka lagi untuk menjaga jarak,” ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.