Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilema Satgas Covid-19 Jaga Kerumunan di GIIAS 2021

Kompas.com - 11/11/2021, 13:27 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergelaran Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, resmi dibuka Kamis (11/11/2021).

Pameran akbar tahunan ini dihelat dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat. Pasalnya, GIIAS 2021 digelar masih dalam masa pandemi Covid-19.

Beberapa syarat pun harus dipenuhi pengujung yang ingin memasuki area pameran, antara lain dalam kondisi sehat, sudah vaksin lengkap dua dosis, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, selalu menjaga jarak, dan bagi pengunjung harus melakukan pembelian tiket secara online.

Baca juga: Airlangga Menyambangi Mobil Listrik Lawas Mitsubishi di GIIAS 2021

Berdasarkan pantauan tim Kompas.com di lokasi, beberapa Satuan Petugas (Satgas) Covid-19 turut berjaga untuk mengingatkan pengunjung agar mematuhi protokol kesehatan.

Petugas Satgas Covic-19 di GIIAS 2021Aprida Nanda Mega/Kompas.com Petugas Satgas Covic-19 di GIIAS 2021

Namun, saat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyambangi beberapa booth di GIIAS sempat terjadi keramaian hingga membuat petugas Satgas Covid-19 kesulitan untuk menertibkan massa.

“Sebetulnya di acara ini sudah menyediakan tiga Satgas Covid, yakni dari daerah, dari ICE, dan dari peserta acara event. Tapi keramaian seperti ini sulit untuk kita tertibkan,” ucap Mille salah satu Satgas saat diwawancarai Kompas.com di ajang pameran otomotif GIIAS 2021, Kamis (11/11/2021).

Baca juga: Skema Kredit All New Avanza, Cicilan Mulai Rp 4 Juta per Bulan

Mille melanjutkan, Satgas Covid-19 biasanya akan dibekali dengan pengeras suara untuk memudahkan petugas memperingatkan pengujung yang tidak taat protokol kesehatan.

“Tapi hari ini khusus untuk VIP dan pers, sehingga tidak memungkinkan kami untuk menggunakannya. Jadi kami mengingatkan secara face to face,” kata dia.

Menko Perekonomian Airlangga menyambangi mobil listrik lawas Mitsubishi Minicab- MiEV di GIIAS 2021,KOMPAS.com/Gilang Satria Menko Perekonomian Airlangga menyambangi mobil listrik lawas Mitsubishi Minicab- MiEV di GIIAS 2021,

Mille melanjutkan, selama pameran berlangsung pihaknya tetap berusaha untuk mengimbau pengujung mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Kalau pakai masker itu kan sudah pasti ya, jadi paling kita terus ingatkan mereka lagi untuk menjaga jarak,” ucapnya.

Sama halnya dengan Mile, Nazmudin yang juga merupakan petugas Satgas Covid-19 juga merasa kesulitan menertibkan massa saat kunjungan Menko Airlangga ke booth peserta pameran berlangsung.

“Kita sudah berupaya sebisa mungkin untuk menghindari keramaian dan mengingatkan masyarakat untuk menjaga jarak. Tetapi kalau keramaian terjadi di dalam booth, itu sudah menjadi tanggung jawab Satgas yang ada di dalam situ,” kata dia.

Baca juga: Pemerintah Dorong Industri Otomotif Berbasis Hidrogen

Chandra, satu petugas yang berjaga di salah satu booth turut mengungkapkan kesulitannya. Menurutnya, pihak Satgas bertugas saat ini kalah jumlah untuk membendung massa yang datang pada pembukaan GIIAS 2021.

“Tadi kita sudah sempat antisipasi, tapi karena anggotanya terbatas dan kita juga tidak bisa menghindari kerumunan yang ada,” kata Chandra.

Chandra pun berharap ke depannya para pengunjung bisa mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan serta dapat menjaga jarak untuk menghindari kerumunan.

Sebagai informasi, pelaksaan GIIAS 2021 hari ini akan dibagi dalam dua sesi, yakni khusus untuk undangan VIP dan pers pada 11 November 2021 mulai pukul 12.00 - 20.00 WIB dan umum mulai 12-21 November 2021 pukul 11.00 - 20.00 WIB.

Untuk menghindari keramaian pengujung akan dibagi dalam tiga sesi yaitu pukul 11.00 - 14.00 WIB, 14.00 - 17.00 WIB, dan 17.00 - 20.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com