Kompas.com - 11/11/2021, 12:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Mario Suryo Aji akan turun satu musim penuh pada Moto3 2022. Mario merupakan pebalap binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) keempat yang berlaga di Moto3.

GM Marketing and Planning Analysis AHM, Andy Wijaya, mengatakan, pencapaian Mario menjadi pembuktian wujud keberhasilan program pembinaan balap yang terstruktur.

“Setelah Dimas Ekky Pratama, Gerry Salim dan Andi Gilang Izdihar, Mario menjadi pebalap keempat binaan Astra Honda Racing Team yang dapat menembus kancah balap Grand Prix," katanya dalam rilis resmi, Rabu (10/11/2021).

Baca juga: Meningkat 82 Persen, Brio Satya Masih Jadi Mobil Terlaris Honda

Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, CatalunyaJesus Robledo Blanco Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, Catalunya

"Perjuangan semua pihak membuahkan hasil yang manis. Semoga mental juara yang dimiliki Mario dapat menginspirasi pebalap muda Indonesia lainnya dalam menggapai mimpi mengukir prestasi di kancah balap dunia,” ujar Andy.

Mario merupakan lulusan dari Astra Honda Racing School (AHRS) tahun 2016. AHRS merupakan program dasar pembinaan balap berjenjang AHM untuk mengembangkan bakat pebalap muda.

Selepas program tersebut, performa Mario semakin berkembang. Kesempatan untuk berprestasi di ajang balap yang lebih tinggi pun semakin terbuka.

Pada 2017, Mario mulai mengikuti ajang Thailand Talent Cup. Kemudian didapuk turun di ajang Asia talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada tahun 2018.

Baca juga: Persiapan Euro 4, PT DCVI Fokus ke Aftermarket

Mario SA di Moto3 Emilia Rogmana 2021Foto: Honda Mario SA di Moto3 Emilia Rogmana 2021

Di ajang balap ATC, Mario mampu mengisi posisi 5 besar dan pada ajang ARRC AP250.

Performa balap yang apik membuka kesempatan untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship pada tahun 2019.

Memasuki tahun ketiga, penampilan yang semakin impresif. Finish di posisi keempat pada seri Estoril dan mengisi pole position di seri Catalunya merupakan raihan terbaik Mario di musim 2021.

Mario kemudian mendapat kesempatan wildcard di ajang GP Moto3 pada seri Misano dan Algarve. Pada seri Misano, Mario sempat mencuri perhatian di sesi latihan bebas pertama masuk posisi keempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.