Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai tahun 2022, tepatnya di bulan April, seluruh kendaraan bermesin diesel yang diproduksi di Indonesia harus sudah memenuhi standar emisi Euro 4.

Penerapan ini sebenarnya mundur, seharusnya sudah berlaku sejak April 2021 namun terhambat adanya pandemi. Sebelumnya, di tahun 2018 peraturan ini sudah berlaku untuk mobil bermesin bensin.

Menanggapi kebijakan yang akan berlaku sebentar lagi, Faustina, Head of Product & Marketing PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) pemegang merek kendaraan niaga Mercedes Benz di Indonesia mengatakan, pihaknya mendukung seratus persen.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Banyak Pengemudi Suka Ngebut di Jalan Tol

Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz BusDOK. DCVI Suites Combi bus hasil kolaborasi Karoseri Laksana dengan Mercedes Benz Bus

“Tentunya kami sebagai manufaktur yang ada di Indonesia sangat mendukung program tersebut. Segala persiapan, baik manufacturing dan aftermarket kami perhatikan dengan detail,” ucap Faustina dalam acara peluncuran sasis OF 917, Selasa (9/11/2021).

Faustina menjelaskan, pihaknya sangat mengutamakan sektor aftermarket. Jadi nantinya saat program ini berlaku di tahun 2022, PT DCVI sudah sangat mumpuni persiapannya.

Baca juga: Ertiga Facelift Punya Fitur Baru, Smart E-Mirror

Selain itu, untuk bus yang sudah dihadirkan Mercedes Benz Bus di Indonesia sebenarnya sudah menyesuaikan dengan kualitas bahan bakar yang ada. Jadi selama ini tidak ada masalah yang dialami bus-bus di Indonesia mengenai pilihan bahan bakarnya.

“Hanya saja, nantinya memang disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan Cetane Number (CN) 51 sebagai bahan bakar untuk kendaraan diesel untuk memenuhi emisi Euro 4,” kata Faustina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.