Sepanjang Januari-Oktober, Daihatsu Kantongi Penjualan 118.089 Unit

Kompas.com - 10/11/2021, 09:22 WIB
Daihatsu Sigra ADMDaihatsu Sigra

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang Januari hingga Oktober 2021, total volume market nasional mengalami perkembangan positif imbas perpanjangan relaksasi diskon pajak. Untuk retail naik hingga sekitar 677.000 unit dan wholesales 703.000 unit.

Angin segar tersebut ikut dirasakan Daihatsu yang mampu mempertahankan peringkat kedua penjualan otomotif nasional. Sampai Oktober, market share untuk penjualan retail mencapai 17,4 persen dan wholesales 18,9 persen.

Total secara volume, Daihatsu telah mencatat penjualan retail sebanyak 118.089 unit, naik 44,7 persen. Sementara untuk wholesales terjual 133.068 unit, tumbuh 71,8 persen dibanding periode yang sama pada 2020.

Baca juga: Makin Modern, Bahas Ubahan Lengkap Mitsubishi New Xpander

Pada Oktober 2021, Daihatsu juga mengalami peningkatan penjualan dengan total mencapai 14.301 unit. Jumlah tersebut naik tipis dari bulan sebelumnya yang mencapai 14.187 unit.

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

"Kami bersyukur penjualan Daihatsu naik sejalan dengan kenikan pasar. Semoga tren positif ini dapat terus berlangsung hingga akhir 2021 sehingga pasar otomotif nasional tahun ini lebih bagi dari tahun lalu," kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), dalam keterangan resminya, Selasa (9/11/2021).

Seperti biasa, ada tiga produk unggulan yang menjadi kontribusi terbesar bagi Daihatsu. Sigra yang bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan tujuh penumpang menempati posisi teratas dengan penjualan 3.905 unit atau berkontribusi 27,3 persen.

Gran Max pikap mengantongi penjualan 3.818 unit atau berkontribusi 26,7 persen. Sementara posisi terakhir ditempati Ayla yang terjual 2.049 unit atau menyumbang kontribusi 14,3 persen.

Baca juga: Ertiga Facelift Punya Fitur Baru, Smart E-Mirror

Gran Max Pick UpKompas.com/Fathan Radityasani Gran Max Pick Up

Xenia yang generasi barunya bakal meluncur sesaat lagi, berdasarkan data dari Januari hingga Oktober hanya terjual 7.821 unit dan menempati posisi keenam. Sementara Terios, terjual 15.088 unit dan menempati posisi keempat setelah Ayla.

Sepanjang Januari hingga Oktober 2021, Gran Max maih menjadi kontributor terbesar Daihatsu dengan catatan penjualan 32.023 unit untuk retail, dan 34.108 unit untuk wholesales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.