Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Dekat Melihat Desain Honda Civic Type R

Kompas.com - 09/11/2021, 19:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Civic merupakan salah satu mobil atau produk buatan Jepang yang tidak asing bagi para pecintanya, termasuk di Indonesia. Mengingat, mobil tersebut memiliki sejarah panjang sejak produksi perdananya di 1972.

Sepanjang kiprahnya di industri otomotif, Honda terus mengembangangkan model Civic agar bisa bersaing dan relevan dengan zaman terkini. Bahkan, mobil sudah berubah menjadi kendaraan harian yang modern berteknologi apik.

Bila melihat lembar pembeliann, Civic hadir dengan beragam model mulai dari sedan sampai hatchback, tergantung kebutuhan konsumen.

Baca juga: Fokus Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, dan Honda di GIIAS 2021

Honda Civic Type RKOMPAS.com/Ruly Honda Civic Type R

Tapi dari semua jajarannya, Civic varian termewah yakni Type R masih jadi suatu sajian menarik tersendiri. Sebab, berbagai aspek ikonik masih tetap dipertahankan tanpa mengorbankan kenyamanan dan akomodasi.

Pada bagian eksterior, pada varian ini terdapat berbagai aspek yang beda dibanding model Civic lainnya. Tentu, hal tersebut berkaitan dengan nuansa sporty di mobil dengan pendekatan yang agresif.

Type R memiliki desain lebih istimewa imbas penggunaan aero kit bergaya racing. Di wajahnya, gril dipoles dengan warna hitam pekat yang dipadu oleh lampu utama dan kabut LED.

Kap mesin Type R diberi lubang air scoop untuk membantu pendinginan di dalam kompartemen mesin. Sedangkan Civic Hatchback Turbo tida ada air scoop ini karena memang tidak diperuntukkan sebagai kendaraan balap.

Baca juga: Penerapan Ditunda, Dishub DKI Jakarta Minta Pengendara Segera Uji Emisi

Honda Civic Type RKOMPAS.com/Ruly Honda Civic Type R

Bagian samping, lekukan tegas masih terasa. Tapi yang jadi sorotan utama ialah ukuran pelek racing 20 inci yang dipadukan oleh ban cukup tebal, 245/30. Kombinasi tersebut membuat fender mobil jadi tampak lebih besar.

Pada bagian belakang, ada spoiler besar untuk menambah ergonomis mobil agar lebih gesit saat dipacu. Tak sampai di sana, disematkan pula Triple Exhaust with Finisher yang semakin mempertegas penampilannya sebagai mobil sport andalan Honda.

Masuk ke dalam, kesan sporty, mewah, dan stylish begitu terasa. Seakan menyambung visual luar yang memang dirancang dengan tampilan agresif. 

Kabin mobil dilengkapi dengan berbagai penunjang kenyamanan untuk para penumpangnya. Ada multimedia headunit berukuran 7 inci dengan latar berbasis Android yang juga bisa digunakan untuk sistem navigasi dengan dukungan Garmin.

Baca juga: Tilang Kendaraan Tidak Lulus Emisi Diundur sampai Januari 2022

Honda Civic Type RKOMPAS.com/Ruly Honda Civic Type R

Kemudian untuk tempat duduk, telah disematkan jok semibucket dengan dominan warna merah dan ornamen kabin dengan jahitan serupa. Hanya saja, pengaturan tempat duduk masih manual.

Sedangkan di setirnya, menggunakan material kulit berkualitas dengan ukuran yang pas digenggam. Di sana, ada pula tombol-tombol pengatur audio, MID, dan juga cruise control.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com