Penerapan Ditunda, Dishub DKI Jakarta Minta Pengendara Segera Uji Emisi

Kompas.com - 09/11/2021, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi menunda pemberlakuan sanksi tilang terhadap kendaraan yang lalai atau tidak lolos uji emisi tahun ini. Kebijakan tersebut rencananya mulai diterapkan pada Januari 2022.

Putusan ini diambil melihat rendahnya realisasi kendaraan yang sudah lulus uji emisi di Ibu Kota. Berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup DKI, kini masih di bawah 50 persen.

Meski demikian, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengingatkan bukan berarti para pemilik kendaraan bisa santai tak segera uji emisi, melainkan keterbalikannya.

Baca juga: Ingat, Bersihkan Busi Sepeda Motor Jangan Diamplas

Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor DLH JakartaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Kantor DLH Jakarta

"Kami imbau bagi seluruh kendaraan di DKI Jakarta segera melakukan uji emisi. Perpanjangan waktu sosialisasi itu sasarannya untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan uji emisi," jelas Syafrin melansir kantor berita Antara, Senin (9/11/2021).

Menurutnya, saat ini ada sejumlah tempat uji emisi di Jakarta, termasuk program dari Dinas Lingkungan Hidup yang bisa dioptimalkan oleh masyarakat untuk menguji emisi kendaraannya.

Jangan sampai saat diberlakukan sanksi hukum yang tegas, pemilik mobil atau sepeda motor malah menjadi rugi karena harus mengurus penilangan maupun hal serupa lainnya.

"Pada waktu yang ditetapkan, akan diberlakukan penegakan hukum tilang emisi. Harapannya, pada waktu yang ditetapkan seluruh kendaraan bermotor di DKI Jakarta sudah lulus uji emisi," kata Syafrin.

Baca juga: Ini Batas Aman Mobil Lewati Genangan Air

Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan membuka uji emisi kendaraan baik mobil dan motor di area parkir Belt Way Office Park Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Rabu (3/11/2021).dokumentasi Sudin LH Jaksel Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan membuka uji emisi kendaraan baik mobil dan motor di area parkir Belt Way Office Park Jalan TB Simatupang, Pasar Minggu, Rabu (3/11/2021).

Berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarra, jumlah kendaraan bermotor jenis mobil yang telah melakukan uji emisi pada 2020 ada sekitar 13.000 mobil, dan saat ini sudah mencapai sekitar 300.000 mobil.

Namun, jumlah ini masih di bawah satu persen dari seluruh kendaraan bermotor di DKI Jakarta yakni sekitar 16 juta kendaraan.

Walau jumlahnya masih di bawah satu persen, Syafrin mengatakan bahwa kendaraan yang melakukan uji emisi terus meningkat tiap harinya. Sehingga dapat dikatakan, kesadaran warga untuk memenuhi syarat kelaikan atas kendaraan meningggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.