3 Hari Uji Emisi Gratis di Kota Tangerang, Ini Lokasinya

Kompas.com - 02/11/2021, 16:22 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Sebagai tindak lanjut atas meningkatnya kebutuhan masyarakat akan uji emisi kendaraan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang mengadakan uji emisi untuk mobil, gratis pada Selasa (2/11/2021) hingga Kamis (4/11/2021).

Uji emisi untuk mobil ini diselenggarakan di 3 lokasi yang berbeda tiap harinya. Ditargetkan akan ada kurang lebih 2.000 kendaraan yang melakukan uji emisi.

"Secara pelaksanaan akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Masyarakat bisa langsung ke lokasi-lokasi tersebut sesuai tanggalnya. Sesuaikan saja dengan jarak rumah atau kesibukannya," ujar Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Wilopo Tetuko Sigit, melansir Kompas.com, Selasa.

Baca juga: Segini Biaya yang Harus Dibayar jika Ingin Balapan di Moto3

Uji emisi gratis ini dilakukan untuk mengukur besaran gas emisi kendaraan warga Kota Tangerang. Usai mengetahui tingkat pemenuhan ambang batas buangan gas emisi, dilakukan analisis dan evaluasi.

Nantinya, evaluasi ini dijadikan sebagai dasar penyusunan kebijakan daerah terkait kendaraan bermotor di Kota Tangerang.

"Kegiatan tersebut tidak hanya berisi uji emisi tetapi juga ada pemantauan kualitas udara jalan raya dan pemantauan kinerja lalu lintas," kata Wilopo lebih lanjut.

Baca juga: Ini Perbedaan Sanksi Pengendara Tidak Bawa SIM dan Tak Punya SIM

"Mudah-mudahan masyarakat bisa lebih memperhatikan kondisi mobil dengan rajin mengganti oli dan memeriksakan gas buang kendaraan," ujarnya menambahkan.

Bagi warga Kota Tangerang harap dicatat, berikut jadwal dan lokasi pelaksanaan uji emisi gratis yang diadakan oleh DLH Kota Tangerang.

  • Selasa (2/11/2021) - Jalan MH Thamrin, Kecamatan Tangerang (depan Argo Pantes)
  • Rabu (3/11/2021) - Jalan Sudirman, Kecamatan Tangerang (depan Komplek Imigrasi)
  • Kamis (4/11/2021) - Jalan Imam Bonjol Palem Semi, Kecamatan Karawaci
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.