Lakukan Ini jika Gas Mobil Nyangkut dan Tidak Balik Lagi

Kompas.com - 28/10/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer. FMMOTORPARTS.comIlustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengemudi, ada sejumlah risiko yang bisa menyebabkan kecelakaan, baik akibat faktor eksternal maupun internal.

Membahas faktor internal seperti kesalahan teknis pada mobil, salah satu yang terkadang dialami sebagian pengemudi adalah gas yang tersangkut.

Gas tersangkut yang dimaksud adalah pedal gas tidak kembali ke posisi semula meski sudah tidak diinjak. Akibatnya mobil tetap melaju kencang. Dalam situasi tersebut, apa yang harus dilakukan?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), menjelaskan hal yang wajib dilakukan pengemudi ketika mengalami gas tersangkut yakni segera memindahkan tuas perseneling ke posisi netral.

Baca juga: 2 Unit Jetbus 3+ UHD Milik PO STJ Siap Diluncurkan

"Untuk mobil manual, segera injak pedal kopling dan netralkan. Sedangkan untuk mobil matik segera pindahkan tuas perseneling ke netral," ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (27/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi posisi kaki di mobilSHUTTERSTOCK Ilustrasi posisi kaki di mobil

Tidak lupa untuk juga segera menyalakan lampu hazard sebagai sinyal komunikasi kepada pengguna jalan lain bahwa sedang terjadi kondisi darurat, serta agar mereka tetap waspada.

Pengemudi jangan sampai bersikap panik. Sebab ketika panik, maka semua referensi dan solusi yang sudah terpikirkan akan mudah terlupa. Besar kemungkinan pengemudi akan mengambil tindakan yang salah.

Baca juga: Antisipasi Libur Nataru, Pembatasan Mobilitas Bakal Berlaku Lagi?

Marcell pun menuturkan agar pengemudi tidak sembarangan menarik rem tangan ketika gas tersangkut. Sebab roda belakang akan mengunci dan muncul masalah baru, mobil bisa berputar hilang kendali.

Selain itu, tidak disarankan untuk langsung mematikan mesin mobil. Ketika mematikan mesin, otomatis segala sistem pada mobil turut mati. Setir pun bisa terkunci. Jika sudah demikian, pengemudi makin kesulitan mengendalikan mobilnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.