Pengendara Motor Tak Kenal Kata Stabil, melainkan Seimbang

Kompas.com - 27/10/2021, 11:22 WIB
Riding naik motor Foto: YamahaRiding naik motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor tidak mengenal kata stabil, yang ada adalah seimbang. Untuk mendapat keseimbangan, ada hal yang harus disediakan dan dilakukan pengendara.

Jusri Pulubuhu, Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, ada tiga elemen yang mesti dipunyai agar motor bisa dikendalikan.

Baca juga: Pekan Ini Honda Siap Luncurkan 2 Sedan Baru, City dan Civic?

"Motor bisa dikendalikan kalau ada tiga elemen, yang semuanya dikendalikan si pengendara, makanya pengendara harus terampil dan bisa fokus penuh," kata Jusri kepada Kompas.com, Selasa (26/10/2021).

Pelatihan keselamatan berkendara di AHM Safety Riding ParkDok. AHM Pelatihan keselamatan berkendara di AHM Safety Riding Park

Pertama, pergerakan. Jusri mengatakan, motor harus ada pergerakan. Jika motor terlalu pelan maka akan terasa berat dan sulit dikendalikan. Sedangkan jika terlalu kencang, bisa hilang kendali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Elemen pertama pergerakan, bahasa Inggris-nya rolling yang linier dengan kecepatan. Begitu (kecepatan) rendah ditarik gravitasi, begitu cepat hilang kendali," katanya.

Kedua, lintasan. Jusri mengatakan, lintasan penting karena memberikan traksi pada sepeda motor.

Baca juga: Sebelum Kendaraan Disita, Pastikan Debt Collector Bawa Surat Tugas

Ilustrasi perempuan naik motorFoto: Yamaha Ilustrasi perempuan naik motor

"Lintasan yang memberikan traksi maksimal. Motor suka dengan lintasan lurus atau minimal lintasan landai," kata Jusri.

Terakhir ialah dinamis. Untuk mengendalikan motor, Jusri mengatakan, pengendara harus dinamis, tidak bisa diam.

"Motor tidak bisa dikendalikan kalau pengendara tidak dinamis, yaitu tidak mampu menyesuaikan kecepatan yang ada. Maka, pergerakan ini harus dinamis," ungkap Jusri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.