Lihat Pengendara Mengantuk di Jalan, Harus Apa?

Kompas.com - 26/10/2021, 11:02 WIB
Pengendara motor mengantuk INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIAPengendara motor mengantuk

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi di jalan raya biasanya akan bertemu berbagai tipe pengendara. Salah satu yang kerap ditemukan saat berkendara di pagi hari atau malam hari adalah pengendara yang mengantuk.

Misalnya saja seperti di video yang diunggah akun dashcam owner Indonesia beberapa waktu lalu. Pada video tersebut terlihat pengendara motor yang mengantuk, masuk jalur lawan dan menabrak pengendara lain.

Sayangnya, pengemudi yang merekam kecelakaan tersebut tidak berbuat banyak. Lalu jika nantinya bertemu pengendara yang mengantuk namun tetap mengemudi, apa yang bisa dilakukan?

Baca juga: Kecelakaan Truk Trailer Lagi, Bahaya Berada di Dekat Kendaraan Besar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi atau pengendara yang mengantuk bisa disebabkan kurangnya istirahat atau keletihan.

“Kalau bertemu mereka, bunyikan klakson tapi usahakan tidak mengagetkan, jadi lakukan agak jauh jaraknya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Ingat, Ada Ganjil Genap di Ancol, Ragunan dan TMII

Lalu jika masih tidak direspons, sebaiknya diberi peringatan, didekati dan diminta berhenti. Setelah berhenti, bisa diingatkan untuk istirahat atau ajak berkomunikasi saja, karena kalau dibiarkan akan berujung kecelakaan.

“Wajib diingatkan dan diselamatkan, ini merupakan bagian dari membangun kepedulian dan meningkatkan kualitas diri. Harusnya seperti itu yang dilakukan, daripada tunggu kecelakaan terus menolongnya," kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.