Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Pengendara Mengantuk di Jalan, Harus Apa?

Kompas.com - 26/10/2021, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudi di jalan raya biasanya akan bertemu berbagai tipe pengendara. Salah satu yang kerap ditemukan saat berkendara di pagi hari atau malam hari adalah pengendara yang mengantuk.

Misalnya saja seperti di video yang diunggah akun dashcam owner Indonesia beberapa waktu lalu. Pada video tersebut terlihat pengendara motor yang mengantuk, masuk jalur lawan dan menabrak pengendara lain.

Sayangnya, pengemudi yang merekam kecelakaan tersebut tidak berbuat banyak. Lalu jika nantinya bertemu pengendara yang mengantuk namun tetap mengemudi, apa yang bisa dilakukan?

Baca juga: Kecelakaan Truk Trailer Lagi, Bahaya Berada di Dekat Kendaraan Besar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi atau pengendara yang mengantuk bisa disebabkan kurangnya istirahat atau keletihan.

“Kalau bertemu mereka, bunyikan klakson tapi usahakan tidak mengagetkan, jadi lakukan agak jauh jaraknya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Ingat, Ada Ganjil Genap di Ancol, Ragunan dan TMII

Lalu jika masih tidak direspons, sebaiknya diberi peringatan, didekati dan diminta berhenti. Setelah berhenti, bisa diingatkan untuk istirahat atau ajak berkomunikasi saja, karena kalau dibiarkan akan berujung kecelakaan.

“Wajib diingatkan dan diselamatkan, ini merupakan bagian dari membangun kepedulian dan meningkatkan kualitas diri. Harusnya seperti itu yang dilakukan, daripada tunggu kecelakaan terus menolongnya," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com