Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2021, 08:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agenda pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 bakal jadi momen bagi sejumlah produsen untuk mengenalkan produk mereka di pasar otomotif Tanah Air.

Sebagai agen pemegang merek (APM) Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut berniat meluncurkan model mobil baru di gelaran pameran ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Group Head Dealer Line Marketing 4W PT SIS Arif Aditya, yang jadi perwakilan Suzuki Indonesia dalam konferensi pers GIIAS 2021, Kamis (20/10/2021).

Baca juga: Kecelakaan Truk Trailer Lagi, Bahaya Berada di Dekat Kendaraan Besar

"Kami akan mengundang rekan-rekan media di tanggal 11 November, kami akan memperkenalkan satu line-up baru dari Suzuki," ujar Arif.

Ada sejumlah spekulasi mengenai model mobil baru dari Suzuki yang akan dirilis di Indonesia pada agenda GIIAS 2021 mendatang. Salah satu kandidat kuat adalah Suzuki S-Presso.

Ilustrasi Suzuki S-Pressoautocarindia.com Ilustrasi Suzuki S-Presso

Pasalnya, Suzuki Motor Corporation sudah mengajukan permohonan nama S-Presso di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham sejak Maret 2021 dan kini statusnya sudah selesai masa pengumuman.

Disebutkan bahwa S-Presso merujuk pada penamaan komponen mobil, mulai dari ban, kampas rem, bumper, kaca, kopling, dan berbagai sparepart lainnya.

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021; Dramatis, Quartararo Juara Dunia!

Suzuki S-Presso sendiri sudah tampil perdana di India pada 2019. Jika jadi rilis di Indonesia, mobil yang mengambil basis dari Karimun Wagon R ini akan jadi salah satu kompetitor Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di kelas SUV kompak.

Jika melihat spesifikasi S-Presso di India, mobil ini akan ditanami mesin K10B berkapasitas 998 cc, yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga hingga 67 dk pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Nantinya mesin ini akan dipadukan dengan sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS) 5-percepatan.

Meski begitu, spekulasi lain menyebutkan bahwa bisa jadi Suzuki Indonesia akan meluncurkan model lainnya seperti Suzuki Vitara Brezza atau Ertiga facelift. Khusus Ertiga, Suzuki memang rajin memberikan penyegaran agar mobil ini tetap bisa bersaing di pasar LMPV bersama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga Mitsubishi Xpander.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com