Bagnaia Jatuh karena Tidak Ikuti Saran Rossi Pakai Ban Medium

Kompas.com - 25/10/2021, 16:21 WIB
Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP) ANDREAS SOLAROFrancesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia harus membuang peluangnya untuk menjadi juara dunia MotoGP 2021. Dia terjatuh saat sedang memimpin balapan pada MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano, Italia.

Pebalap yang akrab disapa "Pecco" ini terjatuh di lap-23. Padahal, Pecco berpotensi meraih kemenangan lagi di Misano, seperti pada MotoGP San Marino.

Baca juga: Pilihan Ban Sama, Miller dan Bagnaia Jatuh di Tikungan yang Sama

Untuk balapan kali ini, temperatur di Sirkuit Misano cukup rendah. Pecco menggunakan ban depan tipe hard dan ban belakang asimetris tipe medium.

Francesco Bagnaia terjatuh saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021Dok. MotoGP Francesco Bagnaia terjatuh saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021

Pecco mengatakan, pilihan bannya sudah tepat. Menurut Pecco, ban depan tipe hard membantunya saat pengereman.

"Tipe medium lebih buruk dibandingkan soft dan soft sudah ada di limit saat pagi tadi. Jadi, ban hard adalah pilihan tepat," ujar Pecco, dikutip dari Speedweek.com, Senin (25/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Momen Sportif Bagnaia Sambut dan Peluk Quartararo

Namun, motor harus berakselerasi terus secara maksimal agar ban tipe hard tersebut tetap dalam temperatur yang optimal. Pecco mengakui dia mengerem terlalu awal dan membuatnya terjatuh di tikungan yang sama seperti rekan setimnya, yakni Jack Miller.

Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Francesco Bagnaia saat balapan pada MotoGP Emilia Romagna 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Valentino Rossi sebagai mentornya di VR46 Riders Academy sudah memberinya saran. Menurut Rossi, balapan kali ini akan lebih tepat baginya jika menggunakan tipe medium.

"Saya coba untuk melakukan hal yang sama seperti di Aragon, saya coba hipnotis Pecco dengan mengatakan 'pakai medium, medium, medium', tapi kali ini tidak berhasil," kata Rossi, dikutip dari GPone.com, Senin (24/10/2021).

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.

Rossi menambahkan, Pecco melakukan kesalahan dengan menggunakan ban depan tipe hard. Menurutnya, Pecco bisa menang jika tidak menggunakan ban tersebut.

"Bagi saya, ban depan tipe hard terlalu berbahaya hari ini. Saya coba mengatakannya pada Pecco, tapi pada akhirnya mereka tetap menggunakannya, dan ban tipe hard seperti ini," ujar Rossi.

"Sayangnya, di akhir balapan, temperatur menurun, cahaya matahari berkurang, dan ban depan hard seperti ini. Jika temperatur turun, ban menyerah, Anda terjatuh, dan Anda tidak bisa melakukan apa pun," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.