Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quartararo Resmi Juara Dunia MotoGP 2021, Begini Hitungan Poinnya

Kompas.com - 24/10/2021, 20:08 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo resmi menjadi juara dunia MotoGP 2021 usai berhasil mencapai posisi ke-4 dalam GP Emilia Romagna yang dihelat pada Minggu (24/10/2021).

Capaian tersebut sekaligus menjadi rekor pebalap pertama asal Perancis yang mampu juara dunia MotoGP, terkait di samping menghapus bayang-bayang pabrikan Yamaha yang tidak pernah lagi juara dunia sejak 2015.

Dalam penghujung helatan yang sama, mantan juara dunia Marc Marquez juga langsung menjabat Quartararo dan memberikan selamat atas prestasi itu.

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021; Dramatis, Quartararo Juara Dunia!

Adapun kepastian juara dunia Quartararo tercipta setelah Francesco Bagnaia terjatuh saat balapan di MotoGP Emilia Romagna tersisa tiga putaran lagi. Kala itu, ia terus-terusan mendapat desakkan dari Marc Marquez di belakangnya.

Sontak, Bagnaia yang terus membayangi Quartararo di papan klasemen gagal meraih poin tambahan. Sehingga, dengan total balapan yang tersisa, jaraknya sangatlah jauh.

Sementara Quartararo yang berada di posisi kelima saat itu, langsung tancap gas merespons kejadian tersebut. Ia kemudian dibayangi Enea Bastianini saat hendak merebut posisi ketiga.

Kumpulan poin yang tercipta pada laga terkait, membuat posisi Quartararo di papan klasemen sementara berjarak 65 poin dari Bagnaia.

Quartararo kini mengoleksi 267 poin, sedangkan Bagnaia mengumpulkan 202 poin. Di posisi ketiga ada Joan Mir dengan 175 poin.

Dengan sisa dua putaran lagi, maka poin Quartararo sudah tidak mungkin terkejar oleh Bagnaia, karena poin maksimal yang bisa dikumpulkan Bagnaia hanya 50 poin, bila menjadi juara di dua seri terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com