Pebalap Ini Pede Pakai Yaris Lama di Kejurnas ITCR Max 1.600

Kompas.com - 22/10/2021, 12:12 WIB
Toyota Yaris yang dikendarai Muhamad Arya Rafi di kelas ITCR Max pada ISSOM Round 4 (17/10/2021). KOMPAS.com/DIO DANANJAYAToyota Yaris yang dikendarai Muhamad Arya Rafi di kelas ITCR Max pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.comKejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITCR) Max 1.600 merupakan salah satu kelas balap dalam ISSOM yang dihuni nama-nama besar.

Pada Minggu (17/10/2021) kemarin, Alvin Bahar dari Honda Racing Indonesia menjadi juara di kelas ITCR Max pada ISSOM Round 4.

Kemudian disusul Haridarma Manopo dari Toyota Team Indonesia di podium kedua, dan Demas Agil dari Toyota Team Indonesia di tempat ketiga.

Baca juga: Dampak Carbon Tax, Daihatsu Hanya Kerek Banderol Sirion

Pebalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar (depan), saat membalap pada seri keempat Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.Dok. Honda Racing Indonesia Pebalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar (depan), saat membalap pada seri keempat Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Praktis, tiga pebalap dari kategori Master itu menguasai jalannya balap sepanjang 12 lap. Kemudian menyusul di posisi keempat atau juara di kategori Rising Star, yakni Muhamad Arya Rafi.

Bisa dibilang, Arya jadi satu-satunya pebalap yang menggunakan Toyota Yaris (XP150) generasi ketiga, yang meluncur sejak 2013. Ia juga jadi pebalap terdepan di antara para pemula di kelas tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara Haridarma Manopo dan Demas Agil menggunakan Yaris XP150 versi facelift, yang hadir pada 2018. Adapun Abraham Franklin yang sama-sama dari kategori Rising Star mengusung Toyota Vios. Sedangkan pebalap lain di kelas itu memacu Honda Jazz.

Baca juga: Alasan Sopir Truk Sering Ugal-ugalan di Jalan Raya

Muhamad Arya Rafi, pebalap di Kejurnas ITCR Max 1.600 pada ISSOM Round 4.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Muhamad Arya Rafi, pebalap di Kejurnas ITCR Max 1.600 pada ISSOM Round 4.

Arya yang saat ini berusia 20 tahun mengatakan, sudah lama ingin naik kelas ke ITCR Max. Sebelumnya pada 2015, ia sudah ikut kejurnas 1.200 cc dengan Honda Brio.

“Jadi dulu di Brio sudah dua tahun, Alhamdulilah beberapa kali dapat podium. So far ingin naik kelas saja sebenarnya. Karena dulu kelas ITCR Max sudah buka, sudah ada pesertanya juga, saya sendiri akhirnya pilih pakai Yaris,” ujar Arya, saat ditemui di Sirkuit Sentul, Bogor (17/10/2021).

Menurutnya, alasan utama dirinya naik kelas ke ITCR Max karena ingin meningkatkan kemampuan diri. Makanya dia ganti mobil dari Honda ke Toyota.

Baca juga: Percepat Penurunan Emisi, Sri Mulyani Revisi Pengenaan PPnBM Mobil

Grid terdepan balap di kelas ITCR Max pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Grid terdepan balap di kelas ITCR Max pada ISSOM Round 4 (17/10/2021).

“Ingin coba dengan mobil dengan merek lain. Walaupun memang driving feeling-nya beda banget. Dari Honda ke Toyota butuh adaptasi juga. Jadi dulu itu, pas beli ini, Yaris yang baru belum keluar. Tapi sudah terlanjur beli ini” ucap Arya.

"Setelah ikut beberapa seri, enggak lama Yaris yang baru keluar. Akhirnya kami improve dan development di mobil ini saja dulu, sampai sekarang. Karena masih diperbolehkan sama Kejurnas, yang penting sesuai dengan regulasi,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.