Kompas.com - 18/10/2021, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBan mobil merupakan salah satu komponen yang mudah diganti. Selain itu, mengganti ban juga bisa meningkatkan penampilan atau tongkrongan mobil sehingga bisa jadi lebih gagah atau sporty.

Ketika mengganti ban, ada saja efek yang bisa dirasakan oleh pengemudi, salah satunya adalah suara ban atau tire noise ketika dikendarai. Biasanya, mengganti ban dengan alur telapak tertentu malah membuat tire noise semakin keras.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, tire noise terjadi karena turbulensi udara di sekitar alur ban. Ban dengan alur yang besar-besar seperti ban lumpur (mud-terrain) tentu menghasilkan suara yang lebih berisik.

Baca juga: Mulai Besok Waktu Pemberlakuan Ganjil-Genap di Jakarta Kembali Normal

Alur ban lebar untuk keperluan off roadDOK. ZULPATA ZAINAL Alur ban lebar untuk keperluan off road

“Ban M/T punya block yang besar-besar dengan celah yang juga besar sehingga membuatnya lebih berisik. Misal seperti ban off road, membuat banyak udara yang terperangkap di celah groove-nya,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Minggu (17/10/2021).

Zulpata menjelaskan, ban mobil dengan alur yang rapat bisa lebih hening dibanding ban dengan celah yang besar. Selain alur, kompon dan konstruksi ban juga turut berpengaruh pada tire noise.

Baca juga: Solar Langka di Tol Trans Jawa Cuma Boleh Beli Maksimal Rp 300.000, Ini Kata Pertamina

Alur ban rapat dengan tire noise yang lebih kecilDOK. ZULPATA ZAINAL Alur ban rapat dengan tire noise yang lebih kecil

“Ban dengan alur yang rapat juga kalau compound dan konstruksinya enggak dukung, pasti agak berisik juga. Namun, minimal lebih baik suaranya daripada yang celah block-nya lebar,” ucap Zulpata.

Kompon dan konstruksi ban memang sulit dilihat dari luar. Jadi paling mudah memang melihat dari alurnya saja dan pastikan kompon yang digunakan ban bukan yang terlalu keras untuk meredam tire noise.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.