Mengapa Tak Semua Mobil Pakai Electronic Parking Brake?

Kompas.com - 17/10/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi tombol Electronic Parking Brake (EPB) Kompas.com/DonnyIlustrasi tombol Electronic Parking Brake (EPB)

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur Electronic Parking Brake (EPB) memang bukan barang baru di dunia otomotif roda empat. Fitur rem parkir elektrik sebagai pengganti tuas rem tangan ini kerap ditemukan di berbagai mobil premium.

Tidak hanya itu, sejumlah mobil kelas menengah pun juga sudah mengadopsi teknologi rem parkir elektrik ini. Berkat teknologi ini, ruang konsol tengah yang terletak di antara dua jok depan jadi lebih lega.

Produsen dapat memanfaatkan ruang konsol tengah ini untuk fitur-fitur lainnya seperti console box yang lebih luas untuk tempat penyimpanan, tambahan cup holder, sampai colokan USB untuk mengecas ponsel penumpang di jok baris kedua.

Baca juga: Penampakan Foto Kabin Avanza Veloz Baru, Begini Suasananya

Meski begitu, belum ada produsen mobil murah yang membekali produknya dengan teknologi EPB ini.

Bisa terlihat dari berbagai model mobil low multi purpose vehicle (LMPV) dan low sport utility vehicle (LSUV) yang masih mengandalkan sistem rem tangan konvensional, bahkan untuk mobil-mobil terbarunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bocoran kabin Avanza terbaruINSTAGRAM/AMMARPARVEZ_ Bocoran kabin Avanza terbaru

Bukan tanpa alasan, teknologi EPB masih dianggap mahal untuk disematkan pada lini mobil kelas menengah ke bawah. Hal tersebut diakui oleh Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM).

"Itu karena pertimbangan dari perhitungan cost (biaya) produksinya," ujar Didi kepada Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Tampang Toyota Avanza Veloz Generasi Baru Bocor, Begini Visualnya

Meski begitu, muncul kabar bahwa generasi baru dari Toyota Avanza Veloz akan mengadopsi EPB sebagai rem parkirnya. Hal ini nampak dari foto-foto yang beredar di media sosial belum lama ini mengenai bocoran tampang Veloz terbaru.

Jika memang betul Avanza Veloz dengan sistem penggerak roda depan (FWD) ini akan dibekali dengan teknologi EPB, bisa dipastikan generasi terbaru mobil sejuta umat tersebut akan naik kelas mengungguli sejumlah kompetitornya yang masih mengandalkan tuas rem tangan konvensional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.