Prediksi Avanza Veloz Baru Dipasangi Fitur Kamera 360

Kompas.com - 17/10/2021, 10:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai Toyota Avanza Veloz generasi baru sedang hangat diperbincangkan. Tidak lain karena foto-foto yang bocor di media sosial memperlihatkan tampang anyar mobil tersebut.

Dari sejumlah foto yang beredar, salah satu yang menarik perhatian adalah kamera yang dipasang di beberapa titik di eksterior mobil.

Selain kamera di kaca depan yang mengindikasikan adanya fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS), nampak pula kamera di bagian gril dan housing tambahan pada kedua spionnya.

Baca juga: Penampakan Foto Kabin Avanza Veloz Baru, Begini Suasananya

Bocoran kabin Avanza terbaruINSTAGRAM/AMMARPARVEZ_ Bocoran kabin Avanza terbaru

Adanya tiga kamera di titik tersebut memunculkan dugaan bahwa mobil yang diberi nama Veloz Q ini akan mengadopsi teknologi kamera 360 yang terintegrasi dengan fitur Surround Monitor

Fitur ini sebelumnya telah ditanamkan pada Toyota Fortuner facelift yang mengaspal sejak Oktober 2020.

Fitur ini berguna untuk membantu pengemudi menambah visibilitas ketika hendak parkir atau melaju di area yang relatif sempit. Pengemudi dapat melihat gambar tangkapan kamera-kamera tersebut melalui head unit dengan mengakses menu Surround Monitor.

Dari head unit, gambar yang tertangkap oleh kamera-kamera 360 akan 'dijahit' sehingga pengemudi bisa melihat situasi sekitar mobil tanpa terputus.

Baca juga: Tampang Toyota Avanza Veloz Generasi Baru Bocor, Begini Visualnya

Ilustrasi head unit Toyota Fortuner facelift.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi head unit Toyota Fortuner facelift.

Umumnya sistem kamera 360 menampilkan pemandangan dalam mode tampak atas. Tapi ada juga sistem yang mampu menampilkan gambar segala arah di sekitar mobil.

Tidak hanya itu, kamera 360 pada Toyota Fortuner facelift juga terintegrasi dengan fitur keselamatan lainnya seperti Blind Spot Detection dan Moving Object Detection.

Jika nantinya Veloz generasi teranyar ini dibekali dengan rangkaian fitur keselamatan tersebut, bukan tidak mungkin mobil ini akan naik kelas mengungguli kompetitornya di segmen mobil MPV murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.