Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Avanza Veloz Baru Dipasangi Fitur Kamera 360

Kompas.com - 17/10/2021, 10:01 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar mengenai Toyota Avanza Veloz generasi baru sedang hangat diperbincangkan. Tidak lain karena foto-foto yang bocor di media sosial memperlihatkan tampang anyar mobil tersebut.

Dari sejumlah foto yang beredar, salah satu yang menarik perhatian adalah kamera yang dipasang di beberapa titik di eksterior mobil.

Selain kamera di kaca depan yang mengindikasikan adanya fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS), nampak pula kamera di bagian gril dan housing tambahan pada kedua spionnya.

Baca juga: Penampakan Foto Kabin Avanza Veloz Baru, Begini Suasananya

Bocoran kabin Avanza terbaruINSTAGRAM/AMMARPARVEZ_ Bocoran kabin Avanza terbaru

Adanya tiga kamera di titik tersebut memunculkan dugaan bahwa mobil yang diberi nama Veloz Q ini akan mengadopsi teknologi kamera 360 yang terintegrasi dengan fitur Surround Monitor

Fitur ini sebelumnya telah ditanamkan pada Toyota Fortuner facelift yang mengaspal sejak Oktober 2020.

Fitur ini berguna untuk membantu pengemudi menambah visibilitas ketika hendak parkir atau melaju di area yang relatif sempit. Pengemudi dapat melihat gambar tangkapan kamera-kamera tersebut melalui head unit dengan mengakses menu Surround Monitor.

Dari head unit, gambar yang tertangkap oleh kamera-kamera 360 akan 'dijahit' sehingga pengemudi bisa melihat situasi sekitar mobil tanpa terputus.

Baca juga: Tampang Toyota Avanza Veloz Generasi Baru Bocor, Begini Visualnya

Ilustrasi head unit Toyota Fortuner facelift.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi head unit Toyota Fortuner facelift.

Umumnya sistem kamera 360 menampilkan pemandangan dalam mode tampak atas. Tapi ada juga sistem yang mampu menampilkan gambar segala arah di sekitar mobil.

Tidak hanya itu, kamera 360 pada Toyota Fortuner facelift juga terintegrasi dengan fitur keselamatan lainnya seperti Blind Spot Detection dan Moving Object Detection.

Jika nantinya Veloz generasi teranyar ini dibekali dengan rangkaian fitur keselamatan tersebut, bukan tidak mungkin mobil ini akan naik kelas mengungguli kompetitornya di segmen mobil MPV murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com