Aturan Konversi Mobil dan Bus Listrik Belum Rampung

Kompas.com - 16/10/2021, 16:41 WIB
Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain. AUTOCAR.co.ukMini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain membuat regulasi soal konversi motor konvensional menjadi listrik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga menyiapkan regulasi konversi mobil dan bus listrik.

Untuk konversi motor listrik, sudah tertuang pada Peraturan Menteri (PM) Nomor 65 Tahun 2020. Sedangkan kendaraan roda empat atau lebih, targetnya rampung tahun ini tapi bagaimana perkembangannya?

Dewanto Purnacandra, Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan, saat ini masih melakukan percepatan pada regulasi konversi motor.

Baca juga: Diskon PPnBM Dihapus, Harga LCGC Tidak Murah Lagi

Bus Listrik DamriDamri Bus Listrik Damri

“Secara teknis, konversi motor biasa ke motor listrik lebih mudah. Kalau mobil kan lebih sedikit rumit, misalnya seperti tadinya kompresor AC atau power steering-nya pakai motor, banyak komponen lain,” ucap Dewanto di Jakarta belum lama ini.

Dewanto juga menyatakan kalau pihaknya sudah menyusun regulasi konversi mobil dan bus. Apalagi untuk bus, sudah mulai ada perusahaan yang mulai melakukan konversi bus menjadi listrik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Avanza-Xenia RWD Mulai Setop Produksi?

“Dari pihak Damri dia sudah mulai melakukan konversi, dia minta payung hukumnya,” ucap Dewanto.

Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.AUTOCAR.co.uk Mini Klasik yang dikonversi menjadi mobil listrik oleh Swindon Powertrain.

Soal target tahun ini, Dewanto tidak mengelak, tapi ada beberapa hal yang membuat peraturan menteri membutuhkan waktu. Hal ini dikarenakan harus melalui harmonisasi lebih dulu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.