Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Beralih ke Sepeda Motor Listrik pada 2035

Kompas.com - 11/10/2021, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber visordown


TOKYO, KOMPAS.com - Kawasaki ingin sebagian besar sepeda motor yang diproduksi pada 2035 merupakan motor listrik. Hal ini guna menjawab perkembangan zaman.

Hal itu diungkapkan Presiden Kawasaki Hiroshi Ito saat memberikan pidato di Tokyo Port Hall Takeshiba, mengenai rencana masa depan Kawasaki di kancah otomotif dunia.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Tulungagung Jawa Timur

Kawasaki Z650RS Foto: Visordown Kawasaki Z650RS

Mengutip Visordown, target tersebut tidak sekaligus melainkan melalui beberapa tahapan. Mulai tahun 2025 Kawasaki diharapkan punya setidaknya 10 motor hybrid dan listrik.

Kemudian pada tahun 2035 sebagian besar akan berpenggerak listrik. Mesti tidak dirinci apakah sudah sama sekali tidak ada motor bahan bakar bensin atau tidak.

Kawasaki disebut tidak hanya bermain di sgmen motor listrik, artinya rencana ambisius tersebut tak cuma mengandalkan motor listrik, tapi juga hibrid dan bahan bakar alternatif.

Baca juga: Ini Biaya Resmi Balik Nama Kendaraan Bermotor

Kawasaki Motor Indonesia turut hadir di IIMS 2021Kompas.com/Donny Kawasaki Motor Indonesia turut hadir di IIMS 2021

Menurut Visordown, salah satu opsi ini adalah hidrogen dan saat ini pabrikan "genk hijau" itu telah menyelidiki kemungkinan sumber bahan bakar yang bisa dipakai mewujudkan hal itu.

Sehingga di atas kertas, di masa depan Kawasaki H2 dan H2R bisa saja bermutasi menjadi motor listrik dan bertarung dengan Energica serta Zero Motorcycles di dunia roda dua.

Dari obrolan yang dilakukan Visordown dengan beberapa pabrikan, pada dasarnya tidak ada masalah dengan teknologi. Jadi pada dasarnya semua tinggal menunggu waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com