Polisi Gerebek Pabrik Shockbreaker Rekondisi di Kemayoran

Kompas.com - 09/10/2021, 11:22 WIB
Reskrim Polsek Kemayoran membongkar sebuah pabrik rekondisi sparepart mobil jenis shockbreaker di Jalan Taruna Jaya, Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/10/2021). Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARIReskrim Polsek Kemayoran membongkar sebuah pabrik rekondisi sparepart mobil jenis shockbreaker di Jalan Taruna Jaya, Kelurahan Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit Reskrim Polsek Kemayoran berhasil menggerebek pabrik rekondisi shockbreaker mobil yang berlokasi di Jalan Taruna Jaya, Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/10/2021).

Onderdil berupa shockbreaker mobil bekas dikemas ulang dengan plastik dan kardus seolah-olah merupakan onderdil baru dengan merek sejumlah mobil yang beredar di Indonesia.

Kepala Unit Reskrim Polsek Kemayoran Iptu Putu Novi Chandra menjelaskan bahwa pihaknya mengetahui praktik ilegal tersebut berkat laporan dari masyarakat sekitar.

Baca juga: Vinales Lego Atribut Yamaha yang Masih Tersisa

"Ini kami datang ke tempat kejadian perkara, dan benar ada, kami temukan beberapa barang produksi shockbreaker yang siap jual dan yang masih dalam pengerjaan," ujarnya di Kemayoran, dilansir dari Kompas.com.

Chandra menjelaskan, pabrik rekondisi ini mendapatkan shockbreaker bekas dari beberapa sumber di sejumlah wilayah seperti di Karang Anyar, Pasar Asem Reges, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu pelaku mengatakan bahwa dirinya sudah tiga tahun berkecimpung di dalam bisnis rekondisi shockbreaker mobil bekas tersebut. Onderdil hasil rekondisi ini lantas dipasaran ke sejumlah daerah dengan harga yang lebih murah.

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Menipis

Ia turut menuturkan, pasar utama pemasarannya yakni di daerah Medan. Sebab di daerah tersebut sudah terdapat pihak yang menampung shockbreaker bekas yang direkondisi tersebut.

Bagi para pemilik mobil, disarankan untuk tidak mudah tergiur dengan harga shockbreaker yang lebih murah dari harga normal pasaran. Lebih baik membeli di jaringan bengkel resmi yang sudah terjamin kualitasnya.

Sebab komponen ini jadi salah satu bagian vital pada sistem kaki-kaki mobil yang menunjang kenyamanan dalam berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.