Waspada, Ranjau Paku Ditemukan di Jalan Kolonel Sugiono Jaktim

Kompas.com - 09/10/2021, 07:22 WIB
Sterilisasi ranjau paku dilaksanakan di sepanjang Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (8/10/2021). Dok. Kelurahan Pondok Bambu (Sudin Kominfotik JT)Sterilisasi ranjau paku dilaksanakan di sepanjang Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (8/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Total terdapat lebih kurang satu kilogram ranjau berupa campuran paku, mur, dan beragam benda logam ditemukan petugas saat sedang melakukan sterilisasi ranjau pakau di Jalan Kolonel Sugiono, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Jumat (8/10/2021), sterilisasi dilakukan oleh enam personel gabungan yang terdiri dari petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) dan Satpol PP Kelurahan Pondok Bambu.

“Kami tindaklanjuti atas dasar aduan warga. Semoga dari penyisiran sterilisasi ranjau paku ini dapat menjawab keresahan warga, sebab dapat membahayakan pengguna kendaraan," kata Asianti, Lurah Pondok Bambu, dalam siaran pers Suku Dinas Kominfotik Jakarta Timur.

Baca juga: Vinales Lego Atribut Yamaha yang Masih Tersisa

Ia menyebutkan, kegiatan sterilisasi ranjau ini akan terus dilakukan secara rutin sebagai upaya memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan di wilayah tersebut.

Ban Bocor Dipaksa Jalan Berisiko Merusak Ban dan Pelek

Ban motor kempisFoto: motorcyclenews.com Ban motor kempis

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika sepeda motor mengalami ban bocor, beberapa pengendara tetap memaksakan untuk meneruskan perjalanan. Padahal, tindakan tersebut berisiko besar merusak ban maupun peleknya.

Hal ini berlaku baik pada ban tubeless maupun tube type. Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries membenarkan hal tersebut.

“Kalau tubeless, benda tajam yang menempel di ban akan merusak struktur nylon cord sehingga memengaruhi konstruksi ban. Selain itu, valve juga akan rusak dan berpotensi robek, terlepas dari ban,” kata Jimmy kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Catat, Ini 10 Lokasi di Jakarta yang Bakal Terapkan Tarif Parkir Mahal

Sedangkan pada ban tube type atau yang masih memakai ban dalam, ban yang bocor dan dipaksakan jalan, bisa merusak ban dalam. Ban dalam bisa rusak atau sobek dan berpotensi tidak bisa dipakai lagi.

“Efek selanjutnya yaitu pada pelek. Karena tidak ada bantalan penahan dengan jalan, bibir pelek jadi korbannya,” ujar Jimmy.

Tidak ada aturan atau cara yang lebih baik dalam mengendarai motor yang bannya bocor, baik untuk jarak maksimal atau kecepatan maksimal. Ketika ban motor sudah bocor, sebaiknya segera cari tempat tambal ban terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.