Bus Listrik MAB Memang Disiapkan Ikut Uji Coba Transjakarta

Kompas.com - 09/10/2021, 10:42 WIB
Bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa aa.ariefBus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa

BOGOR, KOMPAS.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sejak tahun lalu mulai melakukan uji coba pengoperasian bus listrik di rutenya. Dua merek bus asal China sudah melakukan uji coba bersama Transjakarta.

Bus listrik merek BYD menjadi yang pertama mengikuti uji coba komersial dari Transjakarta. Sekitar tiga bulan di tahun 2020, dua unit bus BYD dioperasikan mengisi rute dan mengangkut penumpang. Hasilnya, BYD lolos dari segala uji coba yang dilakukan Transjakarta.

Belum lama ini ada bus listrik dari Higer yang juga sedang diuji coba Transjakarta. Mulai awal September, satu unit bus listrik merek Higer mengisi rute Blok M-Balaikota dengan mengangkut penumpang selama kurang lebih tiga bulan.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Gatot Soebroto

uji coba bus listrik higerKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI uji coba bus listrik higer

Lalu bagaimana dengan bus listrik buatan lokal, yakni PT Mobil Anak Bangsa (MAB), apakah sudah siap mengikuti uji coba komersial bersama Transjakarta?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Teknik PT MAB Bambang Tri Soepandji mengatakan, untuk mengikuti uji coba bus Transjakarta, ada beberapa persyaratan yang harus diikuti. Transjakarta adalah operator yang besar, perlu pengujian yang disesuaikan dengan standar yang mereka tetapkan.

“Salah satunya perijinan dari pabrik bus harus lengkap, kualitas produknya harus mengikuti standar internasional,” ucap pria yang akrabdisapa Ongky di Sentul, Rabu (6/10/2021).

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Kampas Kopling Menipis

Selain itu, bus yang mau mengikuti uji coba juga harus lolos pengujian standar Transjakarta. Misalnya bus diisi dengan dummy (orang-orangan) dengan berat 60 kg sesuai jumlah bangkunya.

“Kemudian diuji coba untuk jarak tempuh setiap hari di atas 200 km. Kita harus punya performa bus di atas itu,” kata Ongky.

Direktur Teknik PT Mobil Anak Bangsa Bambang Tri Soepandji mengemudikan bus listrikaa.arief Direktur Teknik PT Mobil Anak Bangsa Bambang Tri Soepandji mengemudikan bus listrik

Ongky menjelaskan, rencana awal Oktober 2021 bus listrik MAB akan diuji coba Transjakarta mengangkut penumpang. Namun karena ada kabar duka dari pihak Transjakarta, terjadi penundaan pengujian bus MAB.

“Kita turut berduka atas wafatnya Direktur Utama Transjakarta, sehingga ada delay sedikit. Kita sudah masuk dalam daftar bus listrik yang mau diuji coba, harusnya setelah Higer itu kita (MAB),” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.