Vinales Lego Atribut Yamaha yang Masih Tersisa

Kompas.com - 08/10/2021, 07:42 WIB
Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YART Dok. YARTYamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YART

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales resmi meninggalkan Yamaha pada September lalu, kemudian beralih ke tim pabrikan lain, yakni Aprilia. Sepertinya pebalap Spanyol ini mau segera move on dengan melego semua atribut Yamaha yang sempat melekat pada dirinya di masa lampau.

Dengan pindahnya Vinales ke Aprilia, maka hampir pasti dia akan mengendarai RSV4 untuk latihan. Sebab, motor tersebut juga digunakan oleh Aleix Espargaro, Max Biaggi, dan Andrea Iannone.

Baca juga: Masih Berkabung, Maverick Vinales Absen di GP Amerika

Dengan begitu, Yamaha YZF-R1 yang digunakan Vinales untuk latihan sudah tidak digunakan lagi. Maka itu, Yamaha Austria Racing Team (YART) mengumumkan untuk menjualnya.

Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YARTDok. @maverick12official Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YART

“Jika Anda tertarik bisa menghubungi: office@yart7.com atau +436645101938 (hanya menerima pesan lewat whatsapp),” tulis keterangan resmi, dikutip dari akun Facebook resmi YART, Kamis (7/10/2021).

Sayangnya, tidak disebutkan mengenai harga atau spesifikasi motor tersebut. Namun, diyakini tidak jauh dengan replika Petronas Yamaha Sepang Racing Team (SRT) yang diluncurkan tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ucapan Bela Sungkawa Pebalap MotoGP untuk Sepupu Maverick Vinales

Replika motor MotoGP tersebut hanya dibuat sebanyak 46 unit dengan banderol 46.000 euro atau sekitar Rp 750 jutaan. R1 tersebut dibekali dengan suspensi belakang Ohlins TTX untuk spesifikasi balap, termasuk suspensi depan FGRT 2 road & track. Selain itu, disematkan juga steering damper dan knalpot, yang tentunya memiliki spesifikasi balap.

Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YARTDok. @maverick12official Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YART

Untuk rodanya, dilengkapi dengan quick-change system dari GYTR. Fungsinya agar pergantian roda bisa lebih cepat. Begitu pula dengan footstep balap, ECU, quick action throttle, serta komponen balap lainnya yang esensial.

Di bagian pengereman, tentunya sudah dilengkapi dengan Brembo, kaliper GP4-RX berkualitas tinggi, dan cakram T-Drive. Brembo juga menyediakan remote brake adjuster dan tuas kopling.

Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YARTDok. @maverick12official Yamaha YZF-R1 bekas dipakai Maverick Vinales untuk latihan dijual oleh YART

Sedangkan bannya, disuplai oleh Michelin tipe slick untuk depan dan belakang. Karet bundar tersebut melingkari pelek aluminium palang tujuh dari Marchesini.

YART sendiri merupakan salah satu penyedia Genuine Yamaha Technology Racing (GYTR) di Eropa. Tak jarang juga YART dipercaya tim pabrikan dan tim satelit Yamaha untuk menyediakan motor yang digunakan untuk latihan para pebalapnya.

Belum lama ini, YART juga menyediakan Yamaha R1 untuk berlatih Valentino Rossi dan Franco Morbidelli di Sirkuit Misano dan Sirkuit Mugello.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.