Ini Alasan Wiper Tidak Boleh Dinyalakan Saat Kondisi Kering

Kompas.com - 08/10/2021, 19:12 WIB
Air wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper. Foto: PeugeotAir wiper digunakan untuk membasuh permukaan kaca sehingga mudah dibersihkan karet wiper.

JAKARTA, KOMPAS.com - Wiper merupakan salah satu komponen vital pada mobil yang berhubungan dengan keselamatan berkendara. Terutama pada saat hujan, fungsi wiper yang menyapu air di kaca depan membuat visibilitas pengemudi lebih jelas.

Karena pentingnya komponen ini, pemilik kenaraan juga harus merawat wiper agar selalu siap pada saat dibutuhkan. Salah satu perawatan wiper yang dapat dilakukan yakni dengan menghindari perilaku yang bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat pembersih kaca tersebut.

Baca juga: Ban Motor Tanpa Tutup Pentil Tidak Bisa Ditilang, Ini Penjelasannya

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, karet wiper sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus layaknya pada komponen kendaraan lainnya.

Hanya saja, ketika akan mengoperasikannya juga harus dipastikan dahulu kondisi karet wipernya dalam keadaan basah.

Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat bladebosch Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jangan difungsikan tanpa menggunakan air, karena kotoran pada kaca dapat merusak karetnya,” kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Diskon Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport per Oktober 2021

Jika digunakan dalam keadaan kaca dan karet wiper kering, akan menyebabkan kerusakan pada karet wiper maupun kaca mobil.

Hal ini disebabkan karena pada saat mobil digunakan, otomati kotoran dan debu akan menempel di kaca mobil.

Dalam kondisi tersebut jika wiper langsung dioperasikan tanpa diberikan air untuk membasahi tentunya akan menyebabkan debu atau bahkan kerikil kecil yang menempel akan ikut tergesek pada bagian kaca.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Jika sering dipaksakan untuk menghilangkan kotoran di kaca tanpa ada air, otomatis karet wiper akan lebih cepat mengalami kerusakan. Jika hal ini berlangsung lama bisa menyebabkan frame atau blade wiper yang mengenai sehingga menimbulkan goresan pada bagian kaca.

Baca juga: Bus Baru PO Juragan99, Premium dari Sasis sampai Kabinnya

Parahnya, jika goresan yang mengenai kaca terlalu dalam maka tidak bisa dibersihkan atau dihilangkan tetapi harus dengan melakukan penggantian kaca.

“Kalau karetnya sudah rusak bisa saja frame atau bladenya juga akan menggores kacanya, sehingga menyebabkan baret,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.