Ini Pentingnya Pakai Helm Saat Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 08/10/2021, 14:12 WIB
Tertangkap polisi saat tidak pakai helm di lampu merah. Foto: Tangkapan layar Tertangkap polisi saat tidak pakai helm di lampu merah.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral memperlihatkan seorang pengendara motor yang tertangkap petugas di lampu mareha karena tidak memakai helm

Menariknya, dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly, pengendara tersebut ingin mengelabui petugas dengan "nunduk-nunduk" tapi ternyata ditangkap dari belakang.

"Jewer pak jewer kupinge pak ????," tulis salah satu netizen di akun komentar dikutip Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

Baca juga: Menerima Kenyataan, Pameran Otomotif Geneva Motor Show 2022 Batal

https://www.instagram.com/p/CUu17BRpRe8/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Meski kejadiannya cukup lucu hal itu mempelihatkan bahwa kesadaran masyarakat memakai helm masih rendah, atau setidaknya baru sekadar mengikuti aturan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan, kurangnya pendidikan tentang keselamatan berkendara bagi para pengendara motor menjadi salah satu alasan mengapa helm kerap disepelekan.

“Selain itu, pemahaman akan risiko yang fatal jika mengendarai motor tanpa helm juga masih kurang. Padahal, banyak potensi bahaya di jalan raya yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada pengendara,” ucap Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Padahal penggunaan helm wajib hukumnya dan tidak bisa ditawar lagi. Sehingga, kesadaran tersebut harus muncul dari dalam diri bukan karena keterpaksaan.

Baca juga: Naik Motor Sambil Ngobrol Bisa Didenda Rp 750.000

Anggota polisi memakai helm berbentuk virus corona melakukan imbauan dan penyemprotan cairan disinfektan pada kendaraan di jalanan di daerah Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (3/4/2020). Cara unik ini dilakukan oleh sejumlah anggota dari Polres Mojokerto dalam upaya menekan penyebaran virus corona atau penyakit Covid-19 yang tengah merebak di Tanah Air.AFP/JUNI KRISWANTO Anggota polisi memakai helm berbentuk virus corona melakukan imbauan dan penyemprotan cairan disinfektan pada kendaraan di jalanan di daerah Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (3/4/2020). Cara unik ini dilakukan oleh sejumlah anggota dari Polres Mojokerto dalam upaya menekan penyebaran virus corona atau penyakit Covid-19 yang tengah merebak di Tanah Air.

Agus menyarankan, penyuluhan soal pentingnya helm harus dimulai sejak dini mulai dari bangku sekolah. Sehingga, masyarakat paham pentingnya helm sejak usia belia.

Selain melindungi batok kepala jika terjadi benturan, helm dengan visor juga melindungi muka pengendara motor dari hembusan angin dan material lain.

“Visor dapat melindungi bagian muka dari berbagai macam potensi bahaya yang ada. Misalnya seperti batu kerikil yang tiba-tiba mental, debu di jalan, dan binatang kecil yang tidak terlihat,” ucap Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.