Pertalite Langka di Sumatera Utara, Bagaimana di Jakarta dan Sekitarnya?

Kompas.com - 08/10/2021, 13:01 WIB
Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOPetugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar belakangan mengalami kelangkaan di beberapa daerah Sumatera Utara. Langkanya kedua jenis BBM ini bahkan hampir menyerupai ketersediaan Premium yang perlahan menghilang.

Menurut laporan Tribun Medan (6/10/2021), kelangkaan terjadi karena terlambatnya distribusi lantaran cuaca buruk di laut. Sehingga kapal tangker terlambat untuk bersandar.

“Saat ini Pertamina berupaya untuk mempercepat distribusi ke beberapa SPBU yang terbatas stoknya,” ujar Agustiawan, Section Head Communication & Relation Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Pertamina Commercial & Trading.

Baca juga: Tanpa Kepastian Harga, Pemesanan BR-V Didominasi Varian Honda Sensing

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

“Dari info yang kami dapatkan, armada kita bergerak terus. Kita juga paham dengan kebutuhan masyarakat, yang kita lakukan saat ini sedang mempercepat pendistribusian,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kosongnya stok Pertalite dan Solar, termasuk juga Premium, membuat petugas SPBU harus memasang pelang pengumuman habis. Atau mengingatkan masyarakat bahwa hanya ada stok Pertamax yang tersedia.

Meski di Medan dan beberapa kota di Sumatera Utara langka, ketersediaan Pertalite dan Solar di Jakarta dan sekitarnya diklaim masih aman.

Baca juga: Ini Kalender Sementara MotoGP 2022, GP Mandalika Digelar Maret

SPBU Pertamina. Dok. Pertamina SPBU Pertamina.

“Saat ini di Region Jawa Bagian Barat tidak ada masalah,” Eko Kristiawan, Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, kepada Kompas.com (8/10/2021).

“Pertamina akan senantiasa melayani masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dan LPG,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.