PT MAB Klaim Kantongi Pesanan Puluhan Unit Bus Listrik

Kompas.com - 08/10/2021, 09:02 WIB
Bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa aa.ariefBus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa

BOGOR, KOMPAS.comPT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah memperkenalkan produk bus listriknya beberapa tahun terakhir. Akhir Agustus 2021, perusahaan milik Moeldoko ini sempat menyerahkan satu unit bus listrik kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Penyerahan satu unit bus listrik tipe MD 12E NF ini merupakan realisasi dari dua unit yang telah dipesan PT RAPP. Sesuai namanya, bus tipe ini merupakan model dengan dimensi 12 meter, sedangkan satu lagi, memiliki ukuran lebih pendek, yakni 8 meter.

Lalu sejak tahun 2018, bagaimana perkembangan penjualan bus-bus listrik dari MAB?

Founder PT MAB Moeldoko mengatakan, proses penjualan sudah berjalan, salah satunya PT RAPP yang menambah pesanannya sebanyak 21 unit.

Baca juga: Solidaritas Pengemudi Truk Patah oleh Penjahat Bersenjata

Bus listrik MAB tipe MD 12E NFMAB Bus listrik MAB tipe MD 12E NF

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dari RAPP, setelah uji coba dua unit, targetnya setelah satu tahun akan beli lagi. Tapi begitu dia coba, enggak perlu satu tahun lagi, langsung dia pesan 21 unit,” ucap Moeldoko di Sentul, Rabu (6/10/2021).

Selain PT RAPP, Moeldoko juga menyebutkan beberapa perusahaan yang berminat memesan bus listrik rakitan Kudus ini. Misalnya ada Alfamart, Kideco, Mind Id juga sudah menjajaki bus listrik buatan PT MAB.

“Kemarin kita sudah presentasi di Bukit Asam, mereka punya keinginan untuk membeli. Begitu juga (kampus) UI akan membeli dan nantinya untuk Transjakarta kita siapkan,” kata Moeldoko.

Baca juga: Cara Diler Honda Kenalkan All New BR-V ke Konsumen

Untuk kesiapan sendiri, Moeldoko mengatakan pihaknya siap memproduksi 100 unit bus listrik dalam satu tahun. Moeldoko juga menceritakan mengenai bus listrik produksi MAB yang sudah digunakan perusahaan asal Jepang, Mitsui sejak 2019.

“Kemarin dia (Mitsui) laporan tentang hasil evaluasinya. Tiga bulan yang lalu dia sampaikan, sudah digunakan sampai 15.000 km, tidak ada masalah sedikitpun,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.