Biaya Perawatan Mini Cooper 5-Door 70.000 Km, Tembus Rp 10 juta

Kompas.com - 04/10/2021, 18:01 WIB
Mini Cooper 5-Door Kompas.com/AdityoWisnuMini Cooper 5-Door

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Indonesia belum lama ini meluncurkan generasi ke-empat dari lini produk terbaru Mini di Indonesia, salah satunya model terbaru yang diluncurkan adalah Mini Cooper 5-Door.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli SUV kompak premium ini, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pertimbangan tersebut antara lain harga, diskon, model (relatif), fitur yang disertakan, konsumsi bahan bakar (menentukan biaya operasional), layanan purna jual serta biaya perawatan.

Baca juga: Suzuki dan Honda Kerek Harga City Car di Oktober 2021

Khusus yang terakhir, masalah ongkos perawatan atau total lost cost of ownership (TCO) harus diperhatikan bagi calon pemilik Mini Cooper 5-door.

Berdasarkan data yang diterima rupanya Mini Indonesia memberikan kemudahan dalam hal kepemilikan kendaraan melalui gratis servis sampai dengan 60.000 km. Bila diestimasi, jarak tempuh tersebut setara dengan penggunaan tiga sampai empat tahun.

Artinya sampai dengan 60.000 km, pemilik Mini Cooper 5-door dibebaskan biaya komponen dan servis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mini Cooper 5-Door 2021Kompas.com/Adityowisnu Mini Cooper 5-Door 2021

“Kita memberi gratis servis Mini selama 5 tahun atau sampai 60.000 km,” ucap Arie Herawan, Branch Manager Plaza Mini Serpong, Senin (4/10/2021).

Sementara itu, menurut Arie, untuk biaya servis Mini Cooper 5-Door per 10.000 km berada di rentang harga Rp 5 juta sampai Rp 6,7 juta rupiah.

“Mini ini tidak seperti mobil Jepang, yang parts atau komponennya sudah ada di daftar pergantian setiap servis. Selama parts aman dan sistem menunjukan indikator tidak perlu ada pergantian komponen, maka tidak akan kita ganti,” ucap Arie.

Arie memberi contoh, pelanggan Mini Cooper 5-Door tahun 2015 yang melakukan servis pada Km 77.000 km menghabiskan dana Rp 10 jutaan.

“Harga tersebut sudah termasuk biaya servis dan penggantian parts, seperti standar scope, engine oil service, microfilter service, penggantian damper shock belakang dan lain-lain. Kebetulan kondisi banyak pergantian tak seperti mobil normal lainnya di Km 77.000,” ucap Arie.

Baca juga: Senggolan dengan Miller, Joan Mir Dihukum Turun Satu Posisi

“Namun ada juga yang Km 80.000 hanya servis reguler biasa, biaya hanya Rp 6,5 juta,” lanjutnya.

Jadi menurut Arie, besaran biaya servis Mini Cooper tidak bisa dipatok, karena tergantung kondisi mobil saat dilakukan pengecekan, tidak bisa sama ratakan satu mobil satu dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.