Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Biaya Perawatan Mini Cooper 5-Door 70.000 Km, Tembus Rp 10 juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini Indonesia belum lama ini meluncurkan generasi ke-empat dari lini produk terbaru Mini di Indonesia, salah satunya model terbaru yang diluncurkan adalah Mini Cooper 5-Door.

Bagi Anda yang berencana untuk membeli SUV kompak premium ini, sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pertimbangan tersebut antara lain harga, diskon, model (relatif), fitur yang disertakan, konsumsi bahan bakar (menentukan biaya operasional), layanan purna jual serta biaya perawatan.

Khusus yang terakhir, masalah ongkos perawatan atau total lost cost of ownership (TCO) harus diperhatikan bagi calon pemilik Mini Cooper 5-door.

Berdasarkan data yang diterima rupanya Mini Indonesia memberikan kemudahan dalam hal kepemilikan kendaraan melalui gratis servis sampai dengan 60.000 km. Bila diestimasi, jarak tempuh tersebut setara dengan penggunaan tiga sampai empat tahun.

Artinya sampai dengan 60.000 km, pemilik Mini Cooper 5-door dibebaskan biaya komponen dan servis.

“Kita memberi gratis servis Mini selama 5 tahun atau sampai 60.000 km,” ucap Arie Herawan, Branch Manager Plaza Mini Serpong, Senin (4/10/2021).

Sementara itu, menurut Arie, untuk biaya servis Mini Cooper 5-Door per 10.000 km berada di rentang harga Rp 5 juta sampai Rp 6,7 juta rupiah.

“Mini ini tidak seperti mobil Jepang, yang parts atau komponennya sudah ada di daftar pergantian setiap servis. Selama parts aman dan sistem menunjukan indikator tidak perlu ada pergantian komponen, maka tidak akan kita ganti,” ucap Arie.

Arie memberi contoh, pelanggan Mini Cooper 5-Door tahun 2015 yang melakukan servis pada Km 77.000 km menghabiskan dana Rp 10 jutaan.

“Harga tersebut sudah termasuk biaya servis dan penggantian parts, seperti standar scope, engine oil service, microfilter service, penggantian damper shock belakang dan lain-lain. Kebetulan kondisi banyak pergantian tak seperti mobil normal lainnya di Km 77.000,” ucap Arie.

“Namun ada juga yang Km 80.000 hanya servis reguler biasa, biaya hanya Rp 6,5 juta,” lanjutnya.

Jadi menurut Arie, besaran biaya servis Mini Cooper tidak bisa dipatok, karena tergantung kondisi mobil saat dilakukan pengecekan, tidak bisa sama ratakan satu mobil satu dan lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/04/180100315/biaya-perawatan-mini-cooper-5-door-70.000-km-tembus-rp-10-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke