Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senggolan dengan Miller, Joan Mir Dihukum Turun Satu Posisi

Kompas.com - 04/10/2021, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan tiap pebalap pada MotoGP Amerika di Sirkuit Austin, Texas, sangat ketat. Apalagi, ketika balapan sudah menjelang finis.

Salah satunya adalah persaingan ketat antara Joan Mir dengan Jack Miller. Keduanya bahkan mengalami insiden hingga pihak Race Direction harus menjatuhi hukuman pada Mir.

Juara dunia MotoGP 2020 tersebut dikenakan sanksi turun satu posisi. Meski melintasi garis di posisi ketujuh, di depan Miller, tapi akhirnya turun ke posisi kedelapan.

Baca juga: Momen Jack Miller Jadi Mata-mata, Sebut RC213V Makin Mirip Desmosedici

"Saya ingin minta maaf pada Jack Miller. Saya tidak suka ketika ada kontak saat melakukan manuver," ujar Mir, dikutip dari Speedweek.com, Senin (4/10/2021).

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Joan Mir saat berlaga di MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Mir menambahkan, dia sudah bisa menyalip Miller di sektor 1, tapi di akhir trek lurus kembali disalip oleh Miller. Di tikungan 16, Miller terlihat tidak bisa mempertahankan racing line. Saat itulah Mir mencoba untuk menyalip.

"Ketika kami mulai berdekatan dan saya ingin menghindari kontak, tapi saya tidak bisa, karena saya mengenai kerb. Saya tidak menyangka tiba-tiba bisa sangat ketat," kata Mir.

Mir mengatakan, dia bisa mengerti kemarahan Miller. Dia pun mengaku akan melakukan hal yang sama jika berada dalam situasi tersebut.

Baca juga: Joan Mir Mau Duluan Pakai Sasis Baru di Sisa Balapan MotoGP 2021

"Dia adalah rival yang baik. Saya menghormatinya dan saya minta maaf. Tapi, saya tidak bisa mengerti hukumannya," ujar Mir.

Jack Miller saat berlaga di MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Jack Miller saat berlaga di MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Miller mengatakan, dia tidak tahu apakah hukuman tersebut sudah pantas. Tapi, dia sudah lebih dewasa dan mampu mengatasi emosinya dengan baik.

"Saya tidak peduli dengan alasannya. Tentu saja saya bisa juga balapan dengan agresif. Tapi, sepertinya saya pebalap paling adil di sirkuit," kata Miller.

Menurutnya, hal seperti ini terkadang terjadi. Situasi ini bisa diatasi lebih baik, tapi Miller mengaku hanya ingin konsentrasi dengan pekerjaannya dan memastikan ke depannya tidak terjadi lagi dengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com