Senggolan dengan Miller, Joan Mir Dihukum Turun Satu Posisi

Kompas.com - 04/10/2021, 13:21 WIB
Joan Mir dan Jack Miller terlibat adu mulut setelah insiden lap terakhir pada MotoGP Amerika 2021 Dok. MotoGPJoan Mir dan Jack Miller terlibat adu mulut setelah insiden lap terakhir pada MotoGP Amerika 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan tiap pebalap pada MotoGP Amerika di Sirkuit Austin, Texas, sangat ketat. Apalagi, ketika balapan sudah menjelang finis.

Salah satunya adalah persaingan ketat antara Joan Mir dengan Jack Miller. Keduanya bahkan mengalami insiden hingga pihak Race Direction harus menjatuhi hukuman pada Mir.

Juara dunia MotoGP 2020 tersebut dikenakan sanksi turun satu posisi. Meski melintasi garis di posisi ketujuh, di depan Miller, tapi akhirnya turun ke posisi kedelapan.

Baca juga: Momen Jack Miller Jadi Mata-mata, Sebut RC213V Makin Mirip Desmosedici

"Saya ingin minta maaf pada Jack Miller. Saya tidak suka ketika ada kontak saat melakukan manuver," ujar Mir, dikutip dari Speedweek.com, Senin (4/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Joan Mir saat berlaga di MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Mir menambahkan, dia sudah bisa menyalip Miller di sektor 1, tapi di akhir trek lurus kembali disalip oleh Miller. Di tikungan 16, Miller terlihat tidak bisa mempertahankan racing line. Saat itulah Mir mencoba untuk menyalip.

"Ketika kami mulai berdekatan dan saya ingin menghindari kontak, tapi saya tidak bisa, karena saya mengenai kerb. Saya tidak menyangka tiba-tiba bisa sangat ketat," kata Mir.

Mir mengatakan, dia bisa mengerti kemarahan Miller. Dia pun mengaku akan melakukan hal yang sama jika berada dalam situasi tersebut.

Baca juga: Joan Mir Mau Duluan Pakai Sasis Baru di Sisa Balapan MotoGP 2021

"Dia adalah rival yang baik. Saya menghormatinya dan saya minta maaf. Tapi, saya tidak bisa mengerti hukumannya," ujar Mir.

Jack Miller saat berlaga di MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Jack Miller saat berlaga di MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Miller mengatakan, dia tidak tahu apakah hukuman tersebut sudah pantas. Tapi, dia sudah lebih dewasa dan mampu mengatasi emosinya dengan baik.

"Saya tidak peduli dengan alasannya. Tentu saja saya bisa juga balapan dengan agresif. Tapi, sepertinya saya pebalap paling adil di sirkuit," kata Miller.

Menurutnya, hal seperti ini terkadang terjadi. Situasi ini bisa diatasi lebih baik, tapi Miller mengaku hanya ingin konsentrasi dengan pekerjaannya dan memastikan ke depannya tidak terjadi lagi dengannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.