Marquez Akui Ducati Lebih Kompetitif dari Yamaha

Kompas.com - 25/09/2021, 07:42 WIB
Pebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021. AFP/LLUIS GENEPebalap Francesco Bagnaia (Ducati) mengendarai motornya di depan pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) pada MotoGP Aragon di Sirkuit Motorland di Alcaniz pada 12 September 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati berhasil kuasai dua podium pada MotoGP San Marino. Francesco Bagnaia di posisi pertama dan Enea Bastianini di posisi ketiga.

Bagnaia berhasil menang untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Sedangkan Bastianini tak kalah luar biasa, karena motor yang digunakan adalah Desmosedici GP19 alias versi 2019.

Baca juga: Penyebab Marc Marquez Kurang Gereget di MotoGP San Marino

Marc Marquez menyelesaikan balapan dengan finis di posisi keempat. Pebalap Repsol Honda tersebut mengakui bahwa Ducati lebih kompetitif dibanding Yamaha.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Bastianini tampil bagus sepanjang akhir pekan, dia sudah membalap 1 menit 31,8 detik saat Q1. Jika seseorang mencatatkan waktu 1 menit 38,1 detik, itu berarti dia memiliki kecepatan," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (24/9/2021).

Marquez menambahkan, ketika dirinya disalip oleh Bastianini, dia langsung paham bahwa pebalap rookie tersebut memiliki peluang besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bagnaia Sebut Lebih Sulit Lawan Quartararo daripada Marquez

"Pada satu titik saat balapan, saya mengikutinya dan kami mengejar (Fabio) Quartararo dan yang memimpin balapan. Tapi, saya lihat bahwa saya sudah melebihi limit saya," kata Marquez, yang akhirnya melepaskan Bastianini dan mencari aman.

Ducati-Avintia Italian rider Enea Bastianini steers his motorbike during the first free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 13, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)JOE KLAMAR Ducati-Avintia Italian rider Enea Bastianini steers his motorbike during the first free practice session ahead of the Austrian Motorcycle Grand Prix at the Red Bull Ring race track in Spielberg, Austria on August 13, 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

Menurutnya, Bastianini membalap dengan sangat baik dan dia memahami sangat baik bagaimana dia harus mengendarai Ducati. Bastianini mampu mengerem sangat lambat dan keluar tikungan dengan torsi yang besar dan grip yang baik.

"Tidak ada yang spesial, tapi dia melakukannya dengan benar. Jika Anda melakukannya dengan motor MotoGP, catatan waktu juga akan didapat," ujar Marquez.

Baca juga: Sisa Empat Seri, Rossi Sebut Bagnaia Sulit Kalahkan Quartararo

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Marquez mengatakan, dia dan timnya harus memahami bagaimana pebalap Ducati mengendarai motornya. Sebab, menurutnya, Bastianini sangat luar biasa saat mengerem dan keluar tikungan.

"Yamaha membutuhkan gaya yang benar-benar berbeda. Tapi, menurut saya Ducati sekarang lebih kompetitif dibanding Yamaha. Namun, Quartararo adalah pebalap tercepat, kecepatannya sangat baik," kata Marquez.

Saat ini, Marquez ada di peringkat kesembilan pada klasemen sementara. Dia sudah mengumpulkan 92 poin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.