Membandingkan Mesin dan Dimensi Honda BR-V Terbaru dengan Model Lama

Kompas.com - 23/09/2021, 11:02 WIB
All New Honda BR-V KOMPAS.com/STANLY RAVELAll New Honda BR-V

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur pertama kali pada 2015, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya meluncurkan generasi kedua dari BR-V pada Selasa, 21 September 2021.

Buat konsumen yang sudah punya rencana untuk beli, mungkin masih banyak yang belum tahu perbedaan mesin dan dimensi dari kedua produk.

Salah satu data yang sudah kami peroleh adalah soal mesin BR-V terbaru, di mana Low SUV ini menggunakan dapur pacu L15ZF berkapasitas 1.500 cc DOHC i-VTEC.Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS atau setara 119 tk dan torsi maksimal 145 Nm.

Baca juga: Ini Bocoran Harga Dasar dan Varian Avanza Generasi Baru

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi otomatis CVT atau manual 6-percepatan, dan disalurkan melalui penggerak roda depan.

Adapun, BR-V model lama secara tenaga sebetulnya tidak berbeda jauh. Di atas kertas, mesin L15Z1 berkapasitas 1.497 cc menghasilkan tenaga 118 ps atau setara 116 tk dan torsi 145 Nm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin tersebut dipadu dengan transmisi otomatis CVT berteknologi Earth Dreams atau manual 6-percepatan, yang menyalurkan tenaga mesin ke roda depan.

Baca juga: Ini Syarat Perpanjangan STNK Lima Tahunan

New Honda BR-V meluncur di IIMS 2019Kompas.com/Setyo Adi New Honda BR-V meluncur di IIMS 2019

Sementara itu bicara soal dimensi, BR-V model lama memiliki ukuran (PxLxT) 4.456 x 1.735 x 1.666 mm dan wheelbase 2.662 mm. Sedangkan BR-V terbaru berdimensi 4.490 x 1.780 x 1.685 mm dan wheelbase 2.700 mm.

Dari sini jelas terlihat ukuran model barunya jelas lebih besar. Dengan wheelbase yang lebih panjang, ruang kabin diperkirakan juga lebih luas dari sebelumnya.

Kemudian perbedaan berikutnya datang dari ground clearance atau jarak terendah ke tanah. Di mana BR-V model lama memiliki angka 201 mm, sementara model barunya lebih tinggi mencapai 220 mm.

Baca juga: Dua Mobil Saling Pepet di Jalan Tol, Redam Emosi Saat Berkendara

All New Honda BR-VKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Honda BR-V

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, produksi BR-V dimulai sekitar Desember 2021.

Namun pemesanan sudah dibuka mulai September ini. Dan konsumen bisa mendapatkan unit BR-V terbaru paling cepat pada awal 2022.

“Untuk BR-V lama kami masih produksi,” ujar Billy, dalam konferensi virtual peluncuran All New Honda BR-V (21/9/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.