Balap Liar Masuk Target Operasi Patuh Jaya 2021, Pelaku Bisa Didenda Rp 3 Juta

Kompas.com - 23/09/2021, 09:12 WIB
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pendindakan terhadap sejumlah pemotor yang menggelar aksi balap liar di Jalan Tentara Pelahar, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (2/9/2021) dini hari. Dokumentasi Ditlantas Polda Metro JayaDirektorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakukan pendindakan terhadap sejumlah pemotor yang menggelar aksi balap liar di Jalan Tentara Pelahar, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (2/9/2021) dini hari.

JAKARTA, KOMPAS.comOperasi Patuh Jaya 2021 yang dilaksanakan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah berlangsung selama tiga hari. Ada dua sasaran khusus pada operasi kali ini, yaitu penegakan protokol kesehatan dan disiplin berlalu lintas.

Penegakan protokol kesehatan dilakukan dengan memberikan masker serta kampanya 3M. Sedangkan penegakan disiplin berlalu lintas, Polda Metro Jaya fokus pada pelanggaran yang meresahkan masyarakat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pada operasi kali ini memang tidak ada razia. Namun jika ada pelanggaran yang dilakukan, tetap bisa terkena sanksi tilang.

Baca juga: Ini Syarat Perpanjangan STNK Lima Tahunan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi tilang tetap ada, kami melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran yang kasat mata dan menimbulkan komplain dari masyarakat,” ucapnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Ini Bocoran Harga Dasar dan Varian Avanza Generasi Baru

Sambodo mengatakan, aksi balap liar juga termasuk dalam sasaran khusus pada Operasi Patuh Jaya 2021. Mengingat saat ini balap liar sudah semakin meresahkan, bahkan dilakukan di siang hari sehingga mengganggu laju lalu lintas.

Para pebalap liar ini bisa dikenakan Pasal 297 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pelanggar dipidana dengan kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.