Ini Bocoran Harga Dasar dan Varian Avanza Generasi Baru

Kompas.com - 22/09/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi gambar render calon Avanza model baru. Instagram @bagasatriakbarIlustrasi gambar render calon Avanza model baru.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran Toyota Avanza generasi baru sepertinya bukan lagi sekadar rumor. Setelah ramai di media sosial, model baru Avanza terpantau sudah didaftarkan secara resmi.

Kabar terbaru, Low MPV ini sudah masuk dalam dokumen Permendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut terlihat bahwa mobil yang diduga Avanza terbaru bakal tersedia dalam dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Baca juga: Resmi Meluncur, Berapa Harga Honda BR-V Terbaru?

Ilustrasi bocoran harga dasar AvanzaDok. Permendagri No 40/2021 Ilustrasi bocoran harga dasar Avanza

Untuk Avanza bermesin 1.300 cc diberi kode W100RE, kemudian tersedia dalam varian 1.3 E M/T dan 1.3 E CVT.

Sementara mesin 1.500 cc dengan kode W101RE terdiri dari 1.5 M/T, 1.5 G M/T, 1.5 CVT, 1.5 G CVT, 1.5 G CVT TSS, 1.5 Q CVT, dan 1.5 Q CVT TSS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat harganya, bisa diketahui bahwa harga dasar Avanza baru berada di rentang Rp 164.850.000 sampai Rp 238.350.000.

Baca juga: Penghapusan Denda dan Diskon Pajak Kendaraan di DKI Jakarta Berakhir Bulan Ini

Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.Dewantoro Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.

Untuk diketahui, angka ini merupakan harga dasar. Nantinya konsumen masih dikenakan biaya tambahan untuk BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) sebesar 12,5 persen.

Kemudian PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebesar 2,5 persen untuk wilayah DKI Jakarta, dan dan ketinggalan margin keuntungan diler.

Sebelumnya, beredar rumor bahwa Avanza terbaru menggunakan jenis penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive) dan platform baru.

Baca juga: Bahas Fitur dan Varian Honda BR-V Terbaru, Ada Honda Sensing

Konsep Daihatsu DN MultisixFebri Ardani/Otomania.com Konsep Daihatsu DN Multisix

Info yang berkembang juga menyebutkan bahwa platform Avanza baru didasarkan pada mobil konsep DN Multisix yang telah dipamerkan di panggung TMS 2017 dan GIIAS 2017.

Platform ini menggunakan teknologi Daihatsu New Global Architecture (DNGA), dan nantinya Xenia baru pun akan mengusung basis yang sama pula.

Kami sempat meminta konfirmasi perihal kehadiran Avanza baru dari PT Toyota Astra Motor (TAM). Namun demikian belum ada jawaban resmi soal produk ini.

"Saya tidak bisa berkomentar, tunggu saja," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.