Dua Mobil Saling Pepet di Jalan Tol, Redam Emosi Saat Berkendara

Kompas.com - 22/09/2021, 18:21 WIB
Dua mobil saling pepet di jalan tol instagram.com/dashcamindonesiaDua mobil saling pepet di jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan dua mobil minibus saling pepet di jalan tol.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @dashcamindonesia, terlihat mobil putih membanting setir ke kiri jalan lantaran dipepet oleh mobil berkelir silver.

Manuver yang dilakukan secara mendadak itu nyaris membuat mobil putih tersebut tertabrak sebuah truk yang hendak melintas.

Alih-alih menghentikan aksinya, kedua mobil itu pun terlihat tetap tak mau mengalah dan tetap terlibat aksi saling pepet.

Belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kedua mobil itu terlibat konflik dan di mana aksi berbahaya itu terjadi.

Baca juga: Bahas Fitur Canggih pada Speedometer Yamaha R15 v4

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkaca dari kejadian ini, ada baiknya pengendara mengontrol emosi di jalan raya agar terhindar dari konflik serupa.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, setiap langkah dalam berkendara pasti ada yang harus dipertanggung jawabkan.

“Saat mengemudi mengemudi dengan emosi maka akan ada akibatnya, ditambah dengan skill yang terbatas akan menimbulkan korban yang bisa cedera atau hilang nyawa. Mereka tidak bisa milih-milih,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sony menambahkan, pengendara sebaiknya menghindari situasi yang dapat menimbulkan emosi di jalan raya. Mengemudikan kendaraan tidak hanya sehat secara fisik, tapi juga mental karena menghadapi lingkungan, provokasi, dan gangguan yang datang dari luar kendaraan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Emosi adalah hal yang wajar pada manusia. Namun, bedanya ada pada hasil emosi yang dihasilkan. Harus terkontrol dan sesuai aturan. Pertimbangkan bila melakukan tindakan agresif, apa akibatnya bila berurusan dengan hukum,” kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.