Pasar LCGC Kembali Pulih Agustus 2021, Calya Sigra Tekuk Brio Satya

Kompas.com - 23/09/2021, 07:22 WIB
Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah. DOK. ASTRA DAIHATSU MOTORIlustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar low cost green car (LCGC) atau Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) mengalami peningkatan signifikan pada Agustus 2021.

Berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peningkatan pada segmen berjuluk mobil murah itu, melesat 40,9 persen. Hitungan ini kalau dibandingkan dengan Juli 2021, atau dari 8.283 unit menjadi 14.027 unit.

Kinerja ini bahkan lebih baik dari tiga bulan sebelumnya atau kembali ke level di mana pemerintah belum menerapkan pembebasan PPnBM 100 persen untuk mobil 1.500 cc yang berlaku mulai Maret 2021.

Baca juga: Penjualan Mobil di Agustus 2021 Membaik, Ini Daftar Merek Terlaris

Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGCGRIDOTO.com/RIANTO PRASETYO Daihatsu Ayla, Honda Brio, dan Toyota Agya adalah para pemain di segmen LCGC

Sementara, realisasi penjualan mobil nasional secara keseluruhan dalam waktu sama atau akhir kuartal III/2021 meningkat 20 persen di sisi wholesales dan 15 persen lebih baik secara bulanan pada penjualan ritel.

Bila dibandingkan penjualan di tahun lalu, jelas terlihat bahwa pasar LCGC mulai kembali pulih usai di tengah dampak pandemi Covid-19. Sebab pada 2020, penjualan rata-rata hanya tercatat 2.000-5.000 unit saja per bulan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Brio Satya

Selain pasar, yang menarik lain adalah model terlaris selama Agustus 2021, terjadi perubahan. Honda yang dalam beberapa bulan mendominasi pasar lewat Brio Satya, kali ini dilampaui penjualannya oleh Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Sigra mampu memimpin pasar pada bulan kedelapan karena sukses bertumbuh secara signifikan dari Juli 2021, yakni 1.583 unit menjadi 4.859 unit alias naik 67 persen. Sementara kembarannya, Calya, juga mengalami hal serupa dengan kenaikan 41,4 persen menjadi 3.919 unit.

Baca juga: Avanza Rebut Posisi Teratas Mobil Terlaris, Xpander Posisi 4

Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa BaratAstra Daihatsu Motor (ADM) Daihatsu Sigra lakukan test drive di Bandung, Jawa Barat

Pada posisi ketiga, kembali diisi oleh produk dari Daihatsu lainnya, yaitu Ayla dengan 2.110 unit. Memang, pertumbuhannya tidak begitu signifikan dari Juli 2021, namun konsistensinya tergolong apik.

Mengejar di bawahnya, ada Honda Brio Satya dengan torehan total penjualan 1.481 unit. Secara bulanan, dari enam produk LCGC, hanya mobil murah dari Honda ini saja yang mengalami perlambatan penjualan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.