PPKM Diperpanjang, Satlantas Solo Masih Berlakukan Penutupan Jalan

Kompas.com - 21/09/2021, 10:12 WIB
Pasar Klewer Solo yang ditutup selama PPKM Darurat. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPasar Klewer Solo yang ditutup selama PPKM Darurat.

SOLO, KOMPAS.com – Pemerintah resmi melakukan perpanjangan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 di Jawa-Bali 21 September hingga 4 Oktober 2021.

Aturan tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, pada konferensi pers hari ini, Senin (20/9/2021).

Baca juga: Ini Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil

"Dengan melihat perkembangan yang ada, perubahan PPKM level diberlakukan selama dua minggu untuk Jawa-Bali (hingga 4 Oktober 2021)," kata Luhut melalui tayangan YouTube Perekonomian RI.

"Namun, evaluasi dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan yang begitu cepat," ujar dia.

Penutupan akses jalan selama PPKM Darurat di Kota Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (11/7/2021).KOMPAS.COM/DOK PEMKAB KEBUMEN Penutupan akses jalan selama PPKM Darurat di Kota Kebumen, Jawa Tengah, Minggu (11/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan adanya aturan tersebut, aturan mengenai penutupan dan penyekatan di kota Solo, Jawa Tengah juga masih akan diberlakukan.

Baca juga: Kritik Keras Mir terhadap Marquez yang Suka Buntuti Pebalap Lain

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytiawarman Gautama Putra, mengatakan, penutupan jalan di Solo masih akan diberlakukan untuk mengurangi mobilitas warga.

"Apapun itu Judulnya (level PPKM di Solo), kalau misalkan PPKM di Solo turun menjadi leve2 pun, kita akan tetap menutup Jl. Slamet Riyadi di jam 21.30-05.00 WIB," kata Adhyt kepada Kompas.com, Senin (20/9/2021).

Satlantas Polrestabes Bandung tengah melakukan penutupan jalan Buah Batu Kota Bandung, Rabu (29/4/2020). Penutupan yang merupakan hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini diharapkan dapat menekan aktivitas warga selama PSBB ini.KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Satlantas Polrestabes Bandung tengah melakukan penutupan jalan Buah Batu Kota Bandung, Rabu (29/4/2020). Penutupan yang merupakan hasil evaluasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini diharapkan dapat menekan aktivitas warga selama PSBB ini.

Adhyt menambahkan, penutupan jalan yang dilakukan di Solo merupakan suatu upaya dalam mengurangi tingkat persebaran Civid-19. Diharapkan penutupan jalan yang dilakukan mampu menekan mobilitas masyarakat.

Baca juga: Kawasan Puncak Tetapkan Ganjil Genap Permanen

"Mengurangi mobilitas merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus Covid-19, makanya kita masih melakukan penutupan di Slamet Riyadi," kata dia.

Adapun kendaraan yang boleh melintas di ruas jalan yang ditutup, yakni kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, iring-iringan pengantar jenazah, kendaraan TNI dan Polri, kendaraan Satgas PPKM Darurat, serta konvoi atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.